ORI, Investasi Yang AMAN – Banyak dari kita yang hanya melirik investasi keuangan hanya berkisar di deposito. Reksadana ataupun saham.  Padahal banyak investasi yang ada serta dapat mendorong kekayaan kita bertumbuh . salah satunya adalah Obligasi Negara Ritel (ORI).  Pertama kali di terbitkan oleh pemerintah ditahun 2006, investasi ORI ini

Peluncuran instrument investasi yang bernama Obligasi Negara Ritel Indonesia alias ORI, yang paling baik saat pemerintah meluncurkan seri  ORI012 oleh  sejak 21 September  sampai dengan 15 oktober 2015 dengan target investasi awalnya mencapai 20 triliun.

Pada awalnya pemerintah menargetkan penjualan hanya di 20 triliun, tapi sampai hari terakhir penjualan yaitu 15 oktober 2015, ORI yang terpesan sudah mencapai 27,439 triliun rupiah. ORI seri 012 ini laris manis di jual oleh agen agen sehingga memenuhi target yang pemerintah tetapkan. Walaupun dalam pembelian ORI ini ada ketetapan atau aturan khusus yaitu 1 KTP hanya dapat membeli maksimal 3 Miliar, sehingga kuantitas pembelian dari seseorang dapat tertarget dan terlacak untuk mengawasi spekulasi terhadap harganya. ORI seri 012 ini menjadi Investasi ORI dengan target pencapaian yang paling besar selama satu dasawarsa.

Saat ini pemerintah akan berencana mengeluarkan ORI tahun 2016 dengan Seri ORIO16, penawaran dilakukan pada 29 september 2016 sampai 20 oktober 2016. Pemerintah menggunakan dana dari obligasi ini untuk rehabilitasi hutan mangrove di pesisir pantai Indonesia.

ORIO13 mempunyai tenor selama 3 tahun yaitu jatuh tempo tanggal 15 oktober 2019, dengan bungan berkisar 6,6% . saat ini kupon sudah banyak di beli serta di distribusikan kepada masyarakat. Indikasi sudah mencapai 25 Triliun rupiah yang di dapatkan dari penjualan kupon Obligasi pemerintah ini.

Investasi Aman dan Menguntungkan

Dengan mengambil tema Investasi Aman Dan Pesisir Aman, merupakan tagline pemerintah untuk mewujudkan investasi yang di lakukan oleh masyarakat juga kembali kepada masyarakat. Obligasi pemerintah dibuat dikarenakan pemerintah mencari dana untuk untuk mendukung proyek proyek tertentu. Dana pinjaman dari masyarakat di jamin oleh pemerintah sehingga dana tersebut merupakan investasi yang tergolong sangat aman.

Investasi ORI ini adalah sangat aman karena di jamin oleh undang undang, sehingga kemungkinan gagal bayar adalah sangat kecil karena kemungkinan negara gagal bayar adalah jika sebuah negara bangkrut atau kolaps. Maka tidak salah lah apabila jika ORI seri terakhir ini lari manis karena ini adalah investasi yang sangat aman untuk seseorang menaruh uangnya. ORI ini juga dapat di perdagangkan di pasar sekunder sehingga apabila ada pemilik yang menggunakanya untuk mencari keuntungan sangat besar karena ini harga yang pertama di keluarkan oleh pemerintah.

ORI di buat berdasarkan Undang undang nomor 24 tahun 2002, dengan tujuan untuk membiayai anggaran negara serta diversifikasi sumber pembiayaan, portofolio utang yang dapat di kelola serta memperluas basis investasi dari pemerintah.

Untuk perihal investasi jenis obligasi dapat di konsultasikan kepada kami Tatadana Consulting. Anda bisa konsultasi, ataupun anda tertarik untuk mengikuti pelatihan manajemen keuangan yang diselenggarakan oleh Tatadana Consulting, maka anda bisa menghubungi kami di 021 – 7235949 atau email ke tanya@tatadana.com kami siap membantu anda.

Selain tentang obligasi ini, anda akan kami berikan pelatihan bagaimana pengelolaaan keuangan anda. Di harapkan anda akan dapat membagi keuangan anda dengan baik sehingga setiap tahun akan terlihat kenaikan dari nilai kekayaan anda.

 

No Comments Yet.

Leave a comment

WhatsApp chat