Menabung Karena Hobby, Kok Bisa ?.

Menabung Karena Hobby, Kok Bisa ? – Indonesia pernah mengalami krisis beberapa kali saat, yang mengakibatkan kegoyahan ekonomi. Mulai dari orde lama sampai orde baru. Mungkin dari kita pernah mengalami kejadian krisis moneter tahun 98. Dimana ekonomi menjadi sangat lemah dan sangat hancur. Beberapa orang yang bertahan di tengah krisis karena sifatnya yang cermat dan hemat.

Salah satu cara untuk berhemat adalah dengan menabung. Ada banyak cara yang dapat di gunakan untuk menabung. Mulai dari menabung secara tradisional dengan menyisihkan lewat celengan ataupun menabung melalui Bank. Akan tetapi ada beberapa orang yang tidak mengerti bagaimana cara menabung tanpa terasa beban. Berikut adalah beberapa tips mudah yang menjadikan menabung adalah hobby.

Berikut tips yang menjadikan menabung sebagai Hobby.

1.Tetapkan Tujuan Menabung Jangka Pendek

Ada beberapa orang yang tidak sabaran dalam menabung karena tidak mempunyai tujuan jangka pendek. Tapi bagi orang yang mempunyai tujuan jangka pendek menabung akan terasa mengasikkan. Contoh misalnya kita ingin menonton sebuah  konser music. Maka taruh sebuah celengan atau toples yang terjangkau atau terekspose oleh mata kita. Lalu tulis di depan toples itu “Tabungan Untuk nonton Konser Java Jazz”. Setelah di buat hal tersebut maka, dalam tubuh kita akan ringan berapapun uang sisa yang ada di dompet akan di masukan kedalam toples tersebut. Akan tetapi jangan lupa untuk di gunakan uang tersebut jika sudah cukup untuk hal hal jangka pendek. Karena hal itu membuat kita seakan akan menikmati hasil setelah capek bekerja keras.

2. Buat Rekening Yang Berbeda dari Gaji Perol.

Setiap orang pasti mempunyai impian jangka panjang. Nah untuk itu perlu adanya perencanaan. Salah satunya mempunyai tabungan jangka panjang. Tabungan tersebut harus berbeda dengan uang yang digunakan sehari hari. Alangkah lebih baik jika kita tetapkan berapa persen dari gaji secara keseluruhan dan di potong langsung dari pendapatan kita atau istilahnya auto debet.

3. Simpan uang recehmu

Kadang kala kita mempunyai uang uang receh hasil kembalian dari parkir, tol, belanja dll. Nah uang uang tersebut dapat kita langsung masukan kedalam toples, sebagai uang tabungan. Dan kita tetapkan sampe jumlah tertentu. Contoh sampai jumlah 50 ribu rupiah. Kita pindahkan ke tabungan yang bersifat jangka panjang atau jangka pendek. Hal ini dapat membuat tabungan tersebut segera terisi penuh untuk memenuhi impian kita segera.

4.Teguh pada tujuan.

Dalam menabung harus mempunyai tujuan yang teguh. Fokus pada tujuan yang terencana. Jangan mudah tergiur sama iklan iklan konsumtif. Andaikan terdesak rubah saja tabungan jangka pendek tapi jangan merubah tujuan tabungan jangka panjang.  Karena tabungan jangka panjang untuk seseuatu yang sangat besar menunjang cita cita masa depan.

Kami di Tatadana Consulting sangat fokus terhadap client kami. Kami akan memberikan pelatihan detail tentang managemen keuangan terutama menabung ini sehingga para client akan merasa dapat info serta tips yang penting atau urgent untuk dirinya. Pelatihan managemen keuangan yang dilakukan di Tatadana consulting akan menjelaskan bagaimana seorang dapat mengelola uangnya kepada produk produk keuangan dan investasi yang tepat.

Anda bisa konsultasi, ataupun anda tertarik untuk mengikuti pelatihan manajemen keuangan yang diselenggarakan oleh Tatadana Consulting, maka anda bisa menghubungi kami di 021 – 7235949 atau email ke tanya@tatadana.com kami siap membantu anda.

Kami juga membuka kelas untuk para karyawan anda yang ingin di latih secara cepat pengelolaan keuangan perusahaan. Di lain pihak kami juga memberikan pelayanan consulting untuk sektor sektor investasi yang bagus untuk pertumbuhan kekayaan anda.

 

No Comments Yet.

Leave a comment

WhatsApp chat