Membayar Hutang Atau Membeli Aset

Membayar Hutang Atau Membeli Aset – Ada banyak orang yang bingung dengan pertanyaan apakah membayar hutang atau membeli aset dahulu. Tujuannya jelas bagaimana kekayaan kita terus bertambah. Akan tetapi sering kali kita di hadapkan apakah membayar hutang dahulu ataukah membeli aset dari uang yang kita punya.

Pilihan yang bijak adalah dengan membayar hutang terlebih dahulu sebelum anda membeli aset ataupun melakukan investasi lainnya. Karena fokus anda akan terganggu apabila anda tidak segera membayarkan utang anda segera. Jangan sampai kreativitas anda terbebani karena mood anda tidak enak karena ada permasalahan hutang yang melilit. Mulailah anda korbankan konsumsi konsumsi yang kontra produktif bagi pengeluaran anda. Misalnya makan makan di restoran ataupun belanja barang barang non premier ataupun barang barang yang tidak urgent saat ini.

Teknik melunasi hutang adalah sebagai berikut :

1.Jangan pernah berpikir untuk membayar hutang dengan hutang.

Masalah hutang akan tambah pelik  apabila prinsip tutup lubang gali lubang dijalani. Karena anda akan terperosok lebih dalam dalam lilitan hutang. Lunasi hutang sekecil apapun yang bisa anda lunasi. Jangan tunda tunda, karena kredibilitas anda sedang di pertaruhkan. Akan susah membangun citra yang baik apabila anda sudah tercemar sebagai orang yang suka berhutang tapi susah di minta bayar. Tingkat kepercayaan anda akan menurun dan akan mematikan peluang peluang rejeki yang dibuka kemudian hari.

2.Negosiasikan Bunga Hutang

Sering kali orang merasa ketakutan untuk bernegosiasi. Ungkapkan secara gamblang bahwa kemampuan bayar anda sedang tidak memungkinkan apabila dikenakan bunga yang tinggi, karena kondisi keuangan yang tidak sehat saat ini. Ungkapan data data yang diperlukan untuk negosiasi bunga hutang tersebut. Minta termin jangka waktu di perpanjang, tunjukkan niat baik anda dalam mengembalikan pinjaman ke pihak pihak yang berurusan dengan anda.

3.Berdoa

Setiap permasalahan selalu ada solusinya. Jika anda berada di aura positif yaitu dengan selalu berdoa kepada tuhan yang maha esa. Bukan tidak mungkin bahwa keajaiban akan datang tanpa anda duga. Tapi tentu tidak cukup dengan berdoa saja. Anda harus senantiasa bertekad kuat dalam melunasi hutang hutang yang ada.

Pengelolaan keuangan sangatlah penting, makanya diharapkan kita tidak berhutang agar senantiasa tidak dalam perasaan was was. Berhutang boleh jika hutang tersebut merupakan hutang produktif. Dan perlu di ingatkan bahwa dalam berhutang harus mempunyai way out atau rencana cadangan jikalau hutang tersebut tidak terbayarkan. ada namanya asuransi sebagai salah satu jaring pengaman anda. Beraneka ragam asuransi yang ditawarkan. Ada asuransi kesehatan sampai asuransi kerja serta usaha. Dalam kondisi keuangan dalam negeri serta luar negeri yang tidak menentu selalulah anda perhatikan bahwa managemen keuangan anda harus bagus agar kekayaan anda tidak tergerus.

Kembali ke topic utama bahwa pilih melunasi hutang terlebih dahulu atau membeli aset ?, jawabannya adalah melunasi hutang terlebih dahulu. Untuk membeli aset atau investasi anda bisa tunda jika hutang belum lunas, sambil anda perdalam lebih lanjut tentang investasi atau membeli aset tersebut, jangan sampe investasi yang anda lakukan tidak menghasilkan keuntungan tapi malah menghasilkan hutang kembali yang lebih besar.

Anda dapat menghubungi kami Tatadana consulting untuk membantu menemukan solusi permasalahan keuangan anda ataupun konsultasi tentang investasi yang lain. Anda dapat menghubungi kami  Tatadana Consulting atau hubungi dengan nomor di 021 – 7235949 atau email ke tanya@tatadana.com kami siap membantu anda. Kami akan membantu anda mengenai investasi apa saja yang menguntungkan anda.

No Comments Yet.

Leave a comment

WhatsApp chat