Bagaimana Mempersiapkan Pensiun di Usia Senja

Bagaimana Mempersiapkan Pensiun di Usia Senja – Setiap yang bekerja pasti akan pensiun. Nah bagaimanakah cara mempersiapkan dana pensiun agar cukup untuk kebutuhan sehari hari. Perlu diketahui bahwa banyak perusahaan saat ini yang mempunyai unit untuk pengelolaan dana pensiun sehingga para pekerja yang royal terhadap perusahaan tidak perlu khawatir untuk masa tua nya atau saat tidak lagi produktif akibat kejadian tidak diinginkan.

Pensiun sendiri ada banyak jenisnya, tetapi yang diketahui pada umumnya adalah pensiun dini dan pensiun karena masa kerja yang telah selesai. Untuk orang orang yang pensiun dini biasanya akan mendapatkan uang ganti uang dari perusahaan tempatnya bekerja. Akan tetapi berbeda dengan pekerja yang pensiun karena masa kerja telah usai, biasanya akan kesulitan mendapatkan penghasilan lain untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Malah beberapa diantaranya tidak mempunyai tabungan untuk masa tuanya.

 Berikut adalah tips bagaimana mempersiapkan dana pensiun agar cukup untuk kebutuhan hidup setelah masa pensiun :

1.Mulailah Menyisikan Uang untuk Investasi

Tips pertama adalah mulailah menyiapkan pensiun dengan menyisikan gaji atau penghasilan untuk membeli investasi. Bentuk investasi bermacam macam, seperti reksadana, saham, ataupun properti. Tips pertama ini sangat penting karena biasanya para pensiunan di masa pensiun hanya mendapatkan gaji pokok yang nilainya tidak besar. Di tambah lagi dengan inflasi yang semakin tinggi akan memotong nilai uang pensiunan itu sendiri yang membuat  tidak tercukupinya kebutuhan hidup.

2.Asuransikan diri anda.

Asuransikan diri anda maksudnya adalah anda harus dapat menghidupi diri anda setelah pensiun, asuransi kesehatan yang paling penting. Bagaimana anda dapat membayar biaya sakit anda jika penghasilan anda saat pensiun sangat kecil, cara yang paling bisa anda lakukan adalah dengan mempersiapkan diri anda untuk masa pensiun. Saat ini investasi kesehatan sudah mencapai limit di usia 90 tahun. Nah karena biaya sakit semakin mahal tidak ada salahnya anda ikut asuransi kesehatan dari saat ini. Anda tidak akan tahu apa yang terjadi di masa datang tetapi ada baiknya menyisihkan sedikit pendapatan anda untuk asuransi ini.

3.Jangan Terlalu Mudah Meminjamkan Uang Anda

Ada beberapa orang yang senang untuk berbagi, akan tetapi karena sifat baiknya tersebut membuat dirinya terjebak dalam kondisi yang sulit contoh saat anak anda terkena sakit tetapi uang anda sedang dipinjam maka akan terjadi kondisi dilematis untuk diri anda sendiri, maka hindarilah hal tersebut. Perlu di ingat bahwa memberi pinjaman berbeda hal dengan bersedekah. Jika anda mempunyai uang yang berlebih, bersedekahlah lalu kelebihan uang lainnya mulailah anda simpan dan invesatasikan untuk kebutuhan anda di masa depan, ataupun untuk kebutuhan keluarga anda saat anda tidak lagi mempunyai penghasilan rutin seperti dimasa pensiun.

4.Jangan Mengambil Uang Investasi Untuk Kebutuhan Tidak Urgent.

Saat ini ada beberapa asuransi yang berdampingan dengan investasi, ada jangka waktu usia asuransi tersebut seperti asuransi Unitlink, maka apabila anda sudah mulai memasuki masa pensiun, janganlah di ambil uang jaminan tersebut kecuali anda ada kebutuhan urgent ataupun planning keuangan yang bisa menyanggah kebutuhan hidup anda saat pensiun.

5.Konsultasikan Rencana Keuangan  Pensiun Anda Kepada Ahlinya

Ada beberapa kesalahan dalam pengelolaan keuangan jika anda menanyakan kepada orang yang tidak tepat. Seperti kemungkinan ada teman atau keluarga yang memberikan nasihat nasihat tertentu kepada anda terhadap uang anda, tapi alangkah bijaknya, Anda mengkonsultasikan perencanaan keuangan masa pensiun anda kepada konsultan keuangan tersertifikasi, karena mereka secara keilmuan akan memberikan saran yang tidak berat kepada sebuah produk ataupun kepentingan tertentu. Nasihat nasihat yang di berikan sesuai dengan keilmuan mereka dalam perencanaan keuangan.

Jika anda membutuhkan konsultasi lebih lanjut untuk konsultasi persiapan pensiun anda, ataupun anda tertarik untuk mengikuti pelatihan manajemen keuangan yang diselenggarakan oleh Tatadana Consulting, maka anda bisa menghubungi kami di 021 – 7235949 atau email ke tanya@tatadana.com kami siap membantu anda.

No Comments Yet.

Leave a comment

WhatsApp chat