Seberapa Penting Perencanaan Keuangan Itu

Seberapa Penting Perencanaan Keuangan Itu – Semua orang dalam hidup tentu mempunyai tujuan dalam bentuk finansial yang ingin dicapai seperti membeli rumah, membeli kendaraan, biaya sekolah anak, memiliki bisnis ataupun dapat mempunyai waktu berlibur ke luar negeri atau hanya sekedar merasa tenang ketika keadaan finansial dalam kondisi yang baik.

Tentu saja setiap orang memiliki tujuan finansial yang berbeda – beda. Untuk tujuan apapun itu, Setiap orang akan berusaha setiap harinya untuk mendapatkan uang. Jika seorang kantoran, ia akan memulai kerjanya mulai pukul 8 pagi sampai pukul 5 sore. Bahkan pasti ada yang rela sampai bekerja di jam lembur untuk bisa mendapatkan uang lebih. Tapi, untuk mencapai semua tujuan keuangannya, maka perencanaan keuangan adalah langkah awal yang harus dibuat untuk bisa meraih tujuan finansial yang di cita – citakan.

Cukup beresiko ketika Rencana keuangan dalam hidup tidak dibuat, ketika kita terjebak dalam kejenuhan bekerja dan mempunyai jadwal yang ketat, terkadang kita mengenyampingkan pengelolaan keuangan kita, dan berujung pada pengeluaran yang sangat berlebihan.  Banyak orang kemudian sangat tergantung pengeluarannya pada kartu kredit untuk membiayai gaya hidup nya, bahkan hingga overlimit. Alhasil pemakaian kartu kredit kita terkena bunga dan denda yang cukup tinggi, sehingga berantakanlah perencanaan keuanganya.

Banyak orang mengatakan bahwa merencanakan keuangan itu sulit, atau bahkan semakin membuat dirinya sulit. Akan tetapi, kalau kita tidak memilih Rencana Keuangan, maka semakin kacaulah keuangan kita nantinya.

Mengapa merencanakan keuangan itu penting?. Ada beberapa hal yang harus dipahami :

1.Mengetahui Gambaran Hidup

Dapat memberi gambaran terhadap diri sendiri, dengan gaya hidup yang diterapkan nantinya akan terlihat dan sesuai dengan kondisi keuangan. Dapat mengetahui berapa banyak uang yang sudah terpakai dan yang nantinya akan terpakai dan itu akan membantu dalam mengukur kemampuan diri sendiri.

2.Jelas Alokasi Keuangan Anda

 Mealokasikan uang lebih jelas, dengan menunjukan jelas dalam berbelanja kebutuhan hidup seperti makan, membeli pakaian, dan membeli kendaraan. Dengan pengeluaran yang jelas, itu akan membantu dalam memantau pengeluaran keuangan apakah biaya tersebut besar, kecil, atau sedang. Jadi dari situ akan bisa mengetahui dan ketika pengeluaran besar tentunya akan sadar untuk berhemat.

3.Memberi motivasi

Merencanakan keuangan dapat membuat diri sendiri termotivasi dalam mengumpulkan uang. Dengan adanya rencana keuangan tersebut dapat membantu kita mengetahui berapa besarnya dana yang akan kita dapatkan dan dalam waktu yang telah ditentukan untuk mencapai tujuan finansial.

Sudah saatnya mengubah perencanaan keuangan dalam hidup untuk lebih sehat dan teratur. Setidaknya minimal mampu mandiri pada diri sendiri. Untuk itu ada beberapa cara untuk dapat mengatur dan merencanakan keuangan:

1.Menetapkan tujuan keuangan,

dengan menetapkan tujuan keuangan kita bisa tahu apa saja hal hal yang ingin kita capai dalam hidup ini.

2.Melacak pengeluaran pribadi, dalam waktu yang ditetapkan misalkan seminggu, dan itu harus dihitung berapa pengeluarannya.

Kita tahu kemana saja uang kita digunakan dan dialokasikan untuk apa saja. Kita juga bisa dengan pasti menghitung berapa uang yang akan kita tabung dan investasikan.

3.Jangan Kabur dari Hutang,

Hutang yang terlalu banyak akan membebani keuangan kita. Periksa hutang apa saja yang kita miliki, dan buatlah rencana pembayaran hutangmya. Dahulukan membayar hutang konsumtif yang berbunga tinggi, kemudian barulah kita bisa memulai menabung lagi.

4.Menjalani rencana keuangan yang telah kita buat

Lakukan rencana keuangan berdasarkan prioritas yang dibutuhkan dalam hidup kita. Mengatur cashflow, menabung, berinvestasi, membeli asuransi, atau langkah keuangan lainnya.

5. Melakukan review atau langkah keuangan kita

Lakukanlah cross chek atas langkah langkah keuangan yang kita telah lakukan. Apakah ada hal hal yang kita lewatkan atau lupa untuk kita jalani. Apakah kita sudah mulai menabung dan berinvestasi, apakah investasi kita sudah tepat, apakah kita sudah memiliki asuransi. Reviewa yang kita lakukan bisa membantu kita untuk terus memperbaiki diri dalam mencapai tujuan keuangan kita.

Membuat Rencana Keuangan bisa dilakukan oleh diri sendiri, atau Anda juga bisa berdiskusi dengan Para Perencana Keuangan. Jika pembaca tertarik untuk mengikuti pelatihan manajemen keuangan yang diselenggarakan oleh Tatadana Consulting, maka anda bisa menghubungi kami di 021 – 7235949 atau email ke tanya@tatadana.com kami siap membantu anda.

 

No Comments Yet.

Leave a comment

WhatsApp chat