Ingin Punya Rumah, KPR Solusinya.

Ingin Punya Rumah, KPR Solusinya – Upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan program rumah murah pemerintah. Program ini ditujukan bagi masyarakat yang memiliki penghasilan rendah tetapi ingin memiliki rumah melalui kredit dengan harga yang terjangkau.

Program ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan rakyat akan rumah tinggal yang nyaman. Negara hadir melindungi warga dengan program rumah murah. Kebutuhan akan rumah (papan) menjadi kebutuhan pokok bagi setiap manusia.

Setiap orang membutuhkan tempat berlindung dan berkumpul bersama keluarga. Bagi pekerja pemula dan ingin hidup mandiri, rumah menjadi sasaran kepemilikian utama yang perlu dipikirkan untuk kelangsungan hidup di masa depan, terlebih bagi yang telah berkeluarga.

Keunggulan dari program ini, selain suku bunga yang rendah sehingga cicilannya ringan, bunga yang dikenakan program ini tetap sepanjang jangka waktu kredit, sehingga kita tidak perlu khawatir akan adanya kenaikan cicilan suatu saat nanti. Apa saja keunggulan dari program ini dibandingkan program KPR yang biasa? Suku bunga rendah, hanya sebesar 5% per tahun.

Tentu saja bunga ini sangat rendah, dibandingkan bunga KPR sekitar 9,75 fixed untuk 5 tahun di bank bank pemerintah sesuai data kompas.com 13 april 2016 per tahunnya. Suku bunga tetap sepanjang jangka waktu kredit (fixed rate mortgage), memastikan cicilan kita juga tetap. Berbeda dengan KPR umum yang cicilannya terkadang meningkat karena bunga yang naik.

Jadi jika Uang muka  1% saja yang di berikan. Sangat meringankan sehingga bisa langsung mulai memiliki rumah. Rumah seharga Rp 200 juta, dengan uang muka hanya sebesar Rp 2 juta kita sudah bisa membelinya. Jangka waktu bisa mencapai 20 tahun. Semakin panjang periode, tentunya cicilan akan semakin kecil. Tapi, kalau dihitung uang yang dibayarkan akan besar. Jadi pilihlah periode yang tidak terlalu panjang. Periode 10 tahun adalah periode yang cukup baik, tapi kalau kondisi keuangan kita belum memungkinkan, kita bisa memilih periode yang lebih panjang.

Ada beberapa bank yang dilibatkan oleh pemerintah yang dapat kita datangi untuk pengajuan program rumah murah bersubsidi ini. Antara lain BTN, BRI, Bank Mandiri, BNI hingga BPD di beberapa daerah. Apabila tertarik untuk membeli rumah melalui program ini, silakan datang ke bank untuk menanyakan syarat – syarat yang harus dimiliki. Syarat ini mungkin sama untuk beberapa bank, tapi sebaiknya kita datang untuk menanyakan lebih detail persyaratannya.

Beberapa persyaratan yang umum antara lain :

  • Telah berusia 21 tahun atau telah menikah.
  • Belum memliliki rumah dan belum pernah mendapat subsidi pemerintah untuk pemilikan rumah.
  • Memiliki masa kerja atau sudah berusaha minimal 1 tahun.
  • Memiliki NPWP dan SPT

Ada dua jenis rumah yang dapat dibeli dan disesuaikan dengan penghasilan kita, yaitu Rumah Sejahtera Tapak dan Rumah Sejahtera Susun. Kalau kita ingin membeli Rumah Sejahtera Tapak, maka penghasilan kita tidak boleh lebih besar dari Rp 3 juta per bulan. Ukuran untuk Rumah Sejahtera TapakSementara yang penghasilannya lebih besar dan tidak lebuh besar dari Rp 6 juta per bulan bisa memiliki jenis Rumah Sejahtera Susun.

Satu hal yang ditekankan oleh pemerintah adalah sebagai pembeli kita harus menempati rumah yang dibeli ini, sebagai rumah huni kita. Jika tidak ditempati selama satu tahun, maka pemerintah berhak untuk mengambil kepemilikan rumah tersebut. Rumah ini juga baru bisa disewakan atau ganti pemilik setelah ditempati selama lima tahun. Kalau semua kondisi dan syarat tersebut sesuai dengan kondisi keluarga kita saat ini, maka segeralah cari rumah yang bisa kita beli dengan fasilitas Rumah Murah Bersubsidi dari Pemerintah ini.

Segerakan membeli rumah dari sekarang, karena harga rumah akan terus meningkat. Manfaatkan program pemerintah saat ini apabila memungkinkan. jika pembaca masih  ingin bertanya untuk bisa memiliki rumah, silakan hubungi kami untuk  konsultasi lebih lanjut, atau pendaftaran untuk mengikuti pelatihan manajemen keuangan yang diselenggarakan oleh Tatadana Consulting, maka anda bisa menghubungi kami di 021 – 7235949 atau email ke tanya@tatadana.com kami siap membantu anda.

 

No Comments Yet.

Leave a comment

WhatsApp chat