Tips Persiapan Dana liburan Akhir Tahun

Tips Persiapan Dana liburan Akhir Tahun – Pada akhir tahun seperti saat ini, dimana para pekerja menantikan untuk liburan akhir tahun menjelang libur hari raya Natal dan tahun baru serta di tambah lagi libur sekolah anak. Maka mau tidak mau harus di rencanakan segera persiapan liburan, hal ini selain membuat pikiran lebih fresh karena setelah sekian lama bekerja juga menambah kualitas waktu bersama keluarga inti.

Pada waktu liburan ini keakraban diantara keluarga terjalin dengan penuh keharmonisan. Masalah masalah diantara keluarga di harapkan dapat hilang atau terselesaikan dengan baik melalui pendekekatan kehangatan diantara keluarga. Akan tetapi akan menjadi masalah jika kita tidak mempersiapakan dana untuk liburan keluarga akhir tahun ini.

Berikut adalah beberapa tips untuk perencanaan keuangan dalam menghadapi libur akhir tahun :

1.Kalkulasi kebutuhan Budget liburan 

Langkah yang paling pertama adalah mengkalkulasi seluruh kebutuhan atau budget yang di perlukan untuk liburan. Apa saja yang di perlukan untuk liburan keluarg akhir tahun ini. misalkan di buat planning untuk liburan ke Bali maka yang perlu di persiapkan adalah :

  • Biaya Transportasi ke Bali

Biaya transportasi untuk liburan perlu di rancang, mulailah di cari tiket tiket promo atau ikuti event event travel yang biasa di selenggarakan oleh perusahaan travel. Kenapa harus segera di cari tahu untuk transportasi ini, karena biaya transportasi saat liburan akan mengalami kenaikan signifikan yang dapat merusak perencanaan keuangan anda.

  • Biaya Penginapan

Biaya penginapan bisa sekalian dilakukan saat menentukan biaya transportasi ke Bali lewat agen agen travel. Sehingga kita dengan mudah mengkalkulasi biaya biaya tersebut untuk di rencanakan.

  • Biaya rekreasi

Setiap tempat wisata ada biaya masuk, hal ini perlu di taksir berapa dana yang di butuhkan untuk biaya masuk, parkir, sewa alat dll.

  • Biaya tranportasi selama di Bali

Jika kita mendapatkan hotel yang sudah sekaligus menyediakan sarana wisata secara gratis maka hal ini akan menekan biaya liburan, tetapi jika tidak maka perlu di rencanakan biaya tersebut.

  • Biaya Tak terduga

Biaya tak terduga ini penting di anggarkan karena apa yang terjadi disana tidak ada yang akan mengetahui, jika terjadi apa apa ada dana cadangan atau darurat yang dapat di alokasikan untuk mengatasi kejadian yang tidak di inginkan.

2. Buakan Tabungan Liburan.

Jika kita tidak ingin mengecewakan keluarga tercinta akibat tidak terencananya dengan baik dana yang di butuhkan, sebaiknya segera di buat tabungan liburan yang bersifat terbuka, sehingga seluruh keluarga dapat berpartisipasi untuk ikut sumbang sih terhadap kegiatan liburan ini. Hal ini pula dapat mengajari buah hati untuk ikut mandiri terhadap pengeluaran mereka, serta mengajarkan sikap hidup hemat.

ini juga akan mendapatkan respon positif di antara anggota keluarga jika semuanya ikut partisipasi mengisi tabungan liburan ini.

misalnya setelah di corat coret bahwa alokasi dana liburan adalah 20 juta rupiah maka untuk mempersiapkannya dalam setahun dapat di bagi menjadi 3 bagian sesuai porsinya.

Misalkan si ayah mendapatkan porsi 15 juta sehingga si ayah harus menyisihkan gajinya berkisar 1,3 juta setiap bulan di tabungan liburan tersebut. Dan si ibu mendapatkan porsi 4 juta rupiah sehingga harus menyisikan dana sekitar 350 ribu setiap bulannya dan sang anak sebesar satu juta rupiah maka setiap bulannya menyisihkan 100 ribu setiap bulannya.

Buatlah target melampaui budget yang di butuhkan untuk mencegah kekurangan dana saat liburan nanti. Dana dana tersebut harus secara nyata terealisasi dengan memindahkan langsung setiap bulan ke rekening tabungan liburan. Dan pastikan setiap anggota keluarga melakukannya.

Begitulah gambaran umum saya memberikan sebagai tips liburan keluarga akhir tahun, silakan hubungi kami untuk  konsultasi lebih lanjut, atau pendaftaran untuk mengikuti pelatihan manajemen keuangan yang diselenggarakan oleh Tatadana Consulting, maka anda bisa menghubungi kami di 021 – 7235949 atau email ke tanya@tatadana.com kami siap membantu anda. saya tersebut. jika pembaca mengalami hal yang sama dan kurang jelas dengan

No Comments Yet.

Leave a comment

WhatsApp chat