Ada Seribu Jalan untuk Memiliki Bisnis Sendiri

Membuat bisnis…..itulah cita cita yang hampir dimiliki oleh semua orang. Tapi, tidak semua orang merubah cita citanya ini menjadi kenyataan. Saat ditanya kenapa belum juga memulai bisnis, ada seribu jawaban yang menjadi alasan.

 

Apakah susah membuat bisnis? Yang pasti, niat serius untuk menjalankannya adalah modal utama. Masalah dari segi dana yang ada dipikiran banyak orang, ternyata bukanlah hambatan utama dalam pembuatan bisnis. Apa saja yang perlu kita lakukan dan siapkan untuk membuat bisnis? Inilah beberapa tips praktis yang mudah mudahan bisa membantu :

Apa Bisnis yang ingin kita  buat?

Ayo lihat kemampuan kita apa? Atau, lihat hobby kita apa? Atau bisa juga, bisnis apa yang saat ini trend dan sesuai dengan kemampuan kita. Sebenarnya jenis bisnisnya tidak perlu harus sesuai dengan bidang yang kita mampu, bisa kok kita ber “joint partner” untuk membuat bisnis.

Apakah perlu modal besar?

Kalau kita sering mendengar, “membuat bisnis tidak perlu modal”…….nah apalagi kalo ada modalnya, pastilah lebih nyaman. Daripada sibuk memikirkan berapa modal yang harus dibuat untuk membuat bisnis, lebih baik kita balik, berapa dana yang kita punya sekarang yang bisa digunakan menjadi modal. Mulailah dengan dana yang ada, dan hitung mundur kebelakang. Dengan dana yang ada ini kita bisa memulai bisnis darimana. tidak usah membayangkan bisnis ini langsung besar dan membutuhkan modal besar, bisa bisa kita tidak akan pernah memulainya.

Bagaimana kalau tidak ada modalnya sama sekali. Ayo niatkan untuk menabung dari sekarang untuk membuat modal bisnis yang walaupun kecil, tapi pasti bisa untuk memulainya dari awal. Apakah perlu meminjam atau berhutang untuk bisnis? Tentu saja bisa. Tapi coba liat rambu-rambu dan resikonya. Pinjaman “soft loan” dari keluarga adalah pinjaman yang paling.  Tapi, kalau kita berencana untuk meminjam dari Bank ataupun pinjaman lainnya, hal yang harus difikirkan adalah bagaimana membayar cicilan hutangnya.

Bagaimana memulainya?

Langkah yang paling awal kita buat adalah membuat “business plan”. Walau kelihatannya kata “business plan” menakutkan, sebenarnya secara sederhana hanyalah sebuah rencana kecil untuk mengatur langkah langkah yang akan kita lakukan. Buat perhitungan biayanya, rencana membuat barang produksinya, siapa yang mengerjakan dan bagaimana menjualnya.

Ketika kita berniat untuk membuat bisnis, kita juga harus siap memiliki mental baja seperti pebisnis, yaitu tekad kuat dan tidak pantang menyerah. Membuat bisnis memiliki resiko yang sangat tinggi, artinya kita harus siap untuk kehilangan modal dan tenaga yang telah kita curahkan.

Ragu untuk memulai bisnis, ajak teman yang kita percaya mampu mendukung kita pada hal-hal yang kita tidak mampu melakukannya sendiri. tidak bisa berjualan? Ajak teman yang jago marketing. ingin punya bisnis restoran tapi tidak bisa memasak? Ajak teman yang jago masak. Tidak punya modal banyak, ajak teman yang mau memberikan modal.

Selalu ada seribu jalan untuk memulai bisnis. Ayo kita mulai.

Baca juga cerita Tri Handoko & Dave Hendrik memulai “3D” di blog saya.

Bacaan lengkap untuk memulai Bisnis Sendiri bisa lihat disini.

[foto – sebagai ilustrasi – diambil dari johnnyaustinneon.com.]

 

Comments are closed.

WhatsApp chat