Agar Tidak Menjadi “Silobahutang”

 

“Jangan membayar bunga pada apa pun yang akan kehilangan nilai.”

Ini bermaksud mengatakan jangan membeli  barang-barang yang nilainya akan turun atau habis dikemudian hari dengan cara pembayaran cicilan + bunga.

Banyak anjuran dengan berbagai  variasi pada tema itu sudah dimunculkan sebagai nasihat untuk  menghindari hutang kartu kredit dan kredit konsumsi. Anjuran-anjuran tersebut melanjutkan kalimatnya dengan kata-kata: lakukan pinjaman hanya untuk membeli properti atau aset lain yang akan bertumbuh nilainya.

Seseorang pernah dinasehati oleh orang tuanya “Jangan pernah membayar bunga pada apa pun kecuali real estate.” Selama 27 tahun, dia dan suaminya tetap mengikuti nasihatnya itu. “Kami tidak pernah memiliki kredit mobil dan tidak membayar sepeser pun bunga kartu kredit. Kami selalu menyimpan uang kami dan menginvestasikannya. Aku tinggal di rumah ibu sejak tahun 1986, di pantai tengah California dimana biaya hidup tidak murah dan hanya mengandalkan pada satu sumber  penghasilan yang hanya ratusan ribu per tahunnya. Dan sekarang kekayaan bersih kami sekarang lebih dari $ 2 juta.. ”

Seseorang lainnya dan pasangannya baru memulai kehidupan baru, tapi mereka sudah menerapkan variasi saran itu, yang bunyinya  “menyimpan hari ini untuk apa yang Anda inginkan esok.” “Kami berdua telah menabungan untuk pernikahan, rumah, dan untuk masa pensiun. Dengan melakukan itu membuat kami mampu untuk membelanjakan apa yang kami butuhkan. Tidak berhutang apalagi memiliki hutang kartu kredit. Hidup kami secara finansial aman karenanya”

[sumber: artikel di articles.moneycentral.msn.com; foto: filmmoviepictures.blogspot.com]

Incoming search terms:

  • silobahutang

Comments are closed.

WhatsApp chat