Kalau kita sering mendengar istilah Health Check Up, atau tes kesehatan maka Financial Check Up, adalah tes untuk kondisi keuangan kita.

Terkadang kita merasa baik baik saja dalam keuangan kita, tapi pernahkah kita tau bagaimana kondisi sebenarnya ? nah, langkah awal dalam pengelolaan keuangan yang baik adalah melakukan Financial Check Up, agar kita bisa mengetahui kondisi keuangan kita yang sebenarnya.

Kenapa perlu Financial Check Up ?

Dengan financial check up kita bisa tahu kondisi keuangan kita yang sebenarnya, masalah apa yang terjadi, dan bisa mengambil langkah yang tepat untuk memperbaikinya.

Seperti kita melakukan tes kesehatan, yang terpenting adalah dokter bisa menentukan obat yang tepat untuk penyembuhan. Maka dalam Financial Check Up, mengambil langkah yang tepat untuk memperbaiki keuangan kita adalah hal yang terpenting.

Hal apa saja yang diteliti dalam Financial Check Up ?

1. Kondisi likuiditas

Likuiditas menjadi hal yang penting untuk dimiliki dalam keuangan, karena kondisi darurat keuangan kadang terjadi tanpa kita inginkan. Kalau aset kita semuanya dalam bentuk tidak lancar, seperti rumah, tanah, mobil, tapi kita tidak punya cash. Maka saat kita membutuhkan dana darurat, akan timbul masalah karena diperlukan waktu untuk menjual aset kita.

2. Kondisi Hutang

Hutang yang berlebihan dan hutang konsumtif adalah hal yang memberatkan kondisi keuangan kita. Meneliti masalah hutang yang mengganggu keuangan adalah hal wajib bagi setiap orang.

3. Menabung dan Investasi

Menabung dan investasi, apakah sudah dilakukan ? apakah cukup tabungan kita ? apakah investasi kita tepat ?

Yuk kita cek kondisi keuangan kita.

Hubungi kami, tatadana consulting, kalau anda ingin melakukan Financial Check Up.

Tejasari CFP®

Comments are closed.

WhatsApp chat