Mungkin kita sering mendengar iklan tentang Pegadaian dari salah satu perusahaan gadai BUMN yang terkenal di Indonesia. “mengatasi masalah tanpa masalah” itulah kata-kata yang sering terdengar. Pegadaian sudah sangat umum digunakan oleh masyarakat kalangan menengah bawah di Indonesia. Namun, banyak juga dari kita yang tidak tahu soal pegadaian ini padahal mereka bisa memberikan pinjaman mulai dari Rp. 20 ribu hingga Rp. 500 juta loh.

Apa itu sistem Gadai?

Gadai adalah sistem hutang piutang yang dilakukan dengan agunan tertentu. Sistem ini memungkinkan masyarakat untuk mendapat pinjaman dengan agunan selain rumah. Prosesnya yang cepat hanya dalam waktu 1 jam saja, kita sudah bisa mendapatkan uang pinjaman dan menjadikan sistem ini sangat populer untuk kebutuhan mendadak dan segera. Saat ini di Indonesia ada pegadaian dari BUMN ada juga yang swasta. Juga terdapat Pegadaian sistem konvensional dan syariah.

Apa saja yang dapat diagunkan ?

  • Emas LM
  • Peralatan elektronik seperti hp, laptop, tv, kamera,
    kulkas, dll
  • Perhiasan dalam bentuk perhiasan emas, berlian dll
  • Kendaraan seperti motor atau mobil
  • Barang berharga lainnya

Berapa lama periodenya?

Bisa dalam waktu sebulan hingga 4 bulan umumnya tapi kalau kita ingin melunasi lebih cepat tentunya sangat memungkinkan. Kalau ingin lebih panjang, kita bisa memperpanjang dengan perhitungan baru.

Berapa bunganya?

Bunga bervariatif dari 1% – 3% per bulannya ada juga yang memberikan bunga lebih tinggi.

Bagaimana mekanisme pinjamannya ?

Datang ke kantor pegadaian dengan membawa barang yang akan diagunkan dan KTP. Barang kita akan ditaksir harganya, dan disampaikan berapa pinjaman yang dapat diberikan beserta bunganya. Saat ini ada juga pegadaian yang memberikan fasilitas jemput barang. Jadi kita tinggal telpon atau sms memberitahukan jenis barang yang akan diagunkan. Setelah terdapat kesepakatan harga, maka pihak pegadaian akan menjemput barang beserta membawa uang pinjamannya.

Bagaimana kalau kita tidak mampu melunasi pada waktunya ?

Ada 2 pilihan untuk kondisi ini, memperpanjang periode hutang, sehingga kita harus membayar bunga untuk periode hutang berikutnya. Atau kalau tidak membayar untuk periode tertentu, maka barang kita akan dilelang. Apabila hasil lelang lebih tinggi dari hutang kita, maka ada sejumlah uang yang akan diberikan kepada kita.

Apa sebenarnya manfaat dari pegadaian ?

Tentu saja untuk banyak orang yang membutuhkan dana cepat dan kemungkinan bisa membayar dalam periode singkat beberapa bulan saja. Bunganya lebih tinggi dari bunga yang diberikan dari kartu kredit atau KTA tapi proses nya yang sangat cepat tentunya menjadi kelebihan tersendiri.

Butuh uang segera ? silahkan coba pegadaian

Tejasari CFP®

YOT Magazine #EdisiDesember 2015

Mau berkonsultasi seputar masalah keuangan kamu? Yuk, kirim email ke : tanya@tatadana.com atau datang langsung ke : Grha Toedjoeh Empat No.3 , Jalan Wolter Monginsidi No. 15, kebayoran baru, Jak – Sel 12110 / Tlp : 021.7235949 / 081318621626.

Incoming search terms:

  • apa itu pegadaian

No Comments Yet.

Leave a comment

WhatsApp chat