Asuransi Kecelakaan Untuk Suami

Hi Bu Teja, salam kenal.

Saya Diana ( 36 ) ibu dari dua anak dan bekerja sebagai freelancer. Untuk beraktivitas suami saya setiap hari naik motor. Pergi kerja pagi hingga pulang malam hari. Saya sangat khawatir dengan keselamatan suami selama berkendara, apalagi belakangan banyak kasus kekerasan begal motor, Bu. Nah, saya ingin tanyakan, perlukah suami saya membeli asuransi jiwa atau asuransi kecelakaan karena sebetulnya dari kantor sudah mendapat asuransi kesehatan? Sebaiknya produk asuransi seperti apa yang dibeli? Apa kelebihan dan kekurangannya? Terima kasih Bu Teja.

Diana – Jakarta

——-

Jawab :

Dear mbak diana,

Mengendarai motor memang memiliki risiko yang cukup tinggi, bukan hanya saat berkendara, tapi juga kondisi lingkungan saat ini yang kurang baik bagi pengendara motor. Melihat kondisi tersebut, memiliki asuransi kecelakaan bagi pengendara motor, sangatlah penting.

Asuransi kescelakaan memberikan manfaat asuransi jiwa dan asuransi kecelakaan secara bersamaan. Aka tetapi sedikit berbeda dengan manfaat yang diberikan oleh asuransi jiwa dan kesehatan secara umum. Inilah manfaat asuransi kecelakaan :

  1. Proteksi Jiwa

Yang ditanggung dalam asuransi kecelakaan adalah hanya bila meninggal akibat kecelakaan, dan tidak menanggung meninggal karena sakit atau sebab lainnya. Sehingga manfaat proteksi jiwa dalam asuransi kecelakaan ini terbatas saja. Bagi sebuah keluarga, sebaiknya memiliki asuransi jiwa diluar asuransi kecelakaan, karena perlunya proteksi jiwa bagi sang kepala keluarga bukan hanya karena kecelakaan tapi juga karena sakit.

  1. Proteksi Kesehatan

Saat kita mengalami kecelakaan dan masuk rumah sakit atau berobat ke dokter, bahkan ke pengobatan alternatif, maka asuransi kecelakaan akan membayar biaya yang timbul. Manfaat i i sebenarnya sudah ada dalam asuransi kesehatan yang menanggung kalau kita masuk rumah sakit atau berobat ke dokter. Apabila suami sudah ditanggung asuransi kesehatan oleh kantor tempat bekerja saat ini, artinya manfaat biaya masuk rumah sakit atau berobat menjadi dobel.

  1. Proteksi cacat

Nah, inilah manfaat yang utama dari asurasni kecelakaan. Kalau meninggal sudah ditanggung oleh asuransi jiwa, dan masuk rumah sakit sudah ditanggung oleh asuransi kesehatan, maka apabila kita cacat yang bisa menanggung hanyalah asuransi  kecelakaan. Asuransi kecelakaan akan memberikan kita penggantian apabila terjadi kecelakaan dan kita menanggung cacat akibat kecelakaan tersebut. ,mulai dari cacat sebagian atau keseluruhan sampai tidak bisa bekerja lagi.

Besarnya uang yang diberikan tergantung dari cacat yang diderita. Kalau kita cacat total, hingga tidak mampu mencari nafkah lagi, maka uang yang kita diterima dari asuransi, bisa digunakan untuk membiayai hidup. Apalagi kalau yang mengalami kecelakaan adalah kepala keluarga, maka uang yang keluar dari asuransi dapat digunakan untuk membiayai kehidupan keluarga.

Melihat manfaat dari asuransi kecelakaan, serta kondisi suami Mbak diana yang naik motor setiap hari, alangkah baiknya untuk memiliki asurasni kecelakaan ini. Premi untuk asuransi kecelakaan murni, relatif murah. Akan tetapi, kalau asuransi kecelakaan ini sudah bergabung dengan unit link dan manfaat asuransi lainnya, maka preminya bisa naik. Kalau kondisi keuangan keluarga terbatas, belilah jenis asuransi keelakaan murni, dan sesuaikan uang pertanggungannya dengan kebutuhan keluarga.

Tentu saja kita tidak mengharapkan manfaat dari asuransi kecelakaan ini, karena memang tidak berharap suami kita kecelakaan, bukan? Akan tetapi, melindunigi sang kepala keluarga dari hal – hal yang tidak kita inginkan , sekaligus melindungi keuangan keluarga itu penting. Untuk asuransi kecelakaan murni, apabila tidak terjadi kecelakaanselama periode yang ditanggung, misalnya 1 tahun, maka uang preminya akan hangus. Inilah kelemahannya, karena kita merasa sayang untuk membayar. Sebagai alternatif bsia emmbeli unitlink dengan manfaat tambahan asuransi kecelakaan, akan tetapi preminya umumnya jadi lebih mahal.

Tejasari CFP®

NOVA 1415/XXVIII 6 – 12 April 2015

Yuk, cek kesehatan keuangan dan hitung dana pendidikan anak, dana pensiun dan tujuan keuangan lainnya dengan kalkulator Finansial : www.keuanganitumudah.com.

No Comments Yet.

Leave a comment

WhatsApp chat