Bulan lebaran juga bulan dapatnya pendapatan extra alias Tunjangan Hari Raya / THR. Memang enak sih dapat uang tambahan. Rasanya bisa beli apapun yang kita mau (terutama untuk para single). Kalau buat yang sudah berkeluarga pasti biasa-biasa saja (tetap senang sich).

Saya berbicara untuk Anda yang sudah berkeluarga dahulu ya.

Baju baru, parcel, biaya mudik, “THR” ke saudara-saudara… apapun itu kita sudah mulai harus mempersiapkan daftar pengeluaran.

Daftar pengeluaran ini sama hal nya seperti budget / anggaran. Kita set mulai dari yang krusial wajib hingga yang “nice to have”.

Tujuannya budget adalah memaksimalkan pendapatan yang kita peroleh agar dapat melewati bulan berbahagia dengan penuh kebahagiaan (bukan nombok).

Semakin detail anggaran Anda, maka semakin baik pula persiapan Anda.  Jangan pernah menganggap uang THR sebagai uang yang berhak disia-siakan oleh Anda. Anggap sebagai uang yang dibantu perusahaan untuk menutup pengeluaran-pengeluaran wajib selama hari raya.

Godaan Promo dan Diskon juga banyak menjelang hari raya lebaran. Dari sini kita harus menerapkan anggaran yang kita miliki. Kalau anggaran tidak cukup untuk baju baru, jangan dipaksakan. Yang penting dalam menyambut hari raya adalah hati dan perbuatan yang tulus.

Bedakan gaji dan THR. THR dipergunakan untuk keperluan mudik, hari raya dan investasi. Sementara gaji untuk pengeluaran hari-hari seperti bulan-bulan normal sebelumnya.

Rangkum sedikit ya

  1. Buat anggaran. Semakin detail semakin baik. Mulai dari pengeluaran wajib, pengeluaran mudik hingga pengeluaran-pengeluaran tambahan lainnya.
  2. Yang dimaksud pengeluaran wajib adalah Zakat serta THR bagi mereka-mereka yang telah kerja membantu kita selama ini. Tentukan jumlah dan waktu dikeluarkannya.
  3. Kembali ke kampung halaman merupakan momen kekeluarga dan kebersamaan.  Jangan menghabiskan uang diluar yang telah dianggarkan meski Anda memiliki THR. Ingat… THR hanya bantuan dari perusahaan untuk pengeluaran-pengeluaran wajib hari raya. Bedakan gaji dan THR.

 Nah… sekarang untuk yang masih JoJoBa – Jomblo Jomblo Bahagia.

Kurang lebih tidak jauh berbeda dengan diatas. Biasanya pas bagian THR ada sisa lebih banyak. Hindari hutang ya. Kalau tidak mampu jangan dipaksakan beli Smart Phone nya. Lebih hebat lagi kalau bisa ditabung atau diinvestasikan. 😉

Indra Sjuriah CFP QWP

Comments are closed.

WhatsApp chat