Ayo segera klaim asuransi banjir kita

 

Terkena banjir, merupakan musibah yang tidak terelakkan di Jakarta ini. Kalau tahun lalu kita tidak ada masalah dengan rumah, tahun ini belum tentu. Ada daerah yang sama sekali tidak pernah banjir, tahun ini akhirnya harus mengalami juga kebanjiran. Beruntung lah bagi kita yang sudah memiliki Asuransi Properti dengan manfaat tambahan banjir. Walau terkena musibah, se tidak-tidaknya barang-barang kita yang hanyut atau rusak karena banjir, bisa tergantikan.

Setelah selesai berbenah, inilah waktunya untuk mengajukan klaim atas asuransi rumah kita.

  • Siaplan polis asuransi atau kontrak perjanjian asuransi. Jika tidak ditemukan, atau rusak terkena banjir, segera hubungi pihak asuransi. Akan lebih mudah kalau kita menghubungi agen yang membantu saat pembuatan polis tersebut. Agen asuransi akan membantu proses klaim serta memberikan info agar klaim bisa berjalan dengan lancar.
  • Karena Banjir merupakan manfaat tambahan dari asuransi properti, maka bisa jadi dalam asuransi properti kita banjir tidak masuk dalam manfaat yang diberikan. Baca kembali Polis asuransinya, untuk memastikan perlindungan rumah kita atas musibah banjir. Umumnya manfaat ini menyebabkan kita harus membayar premi tambahan.
  • Buatlah laporan klaim segera karena umumnya ada batas waktu untuk melapor. Mulai dari 3 hari, 7 hari atau 30 hari setelah kejadian. Jangan sampai terlalu lama dan terlewat waktunya, bisa bisa klaim kita akan ditolak.
  • Umumnya pihak asuransi akan melihat bukti kejadian. Jadi, sebisa mungkin tidak melakukan pemindahan atau perbaikan sebelum orang asuransi datang memeriksa. Akan tetapi apabila kondisinya tidak memungkinan, ambil foto dari barang-barang yang rusak sebagai buktinya.
  • Jangan lupa untuk menyiapkan identitas kita sebagai salah satu syarat klaim.
  • Pihak asuransi hanya memberikan penggantian sesuai klausul yang tertulis dalam polis. Bisa jadi penggantian atas barang-barang kita tidak 100% tergantung dari penilaian pihak asuransi.

Bagi yang saat ini tidak terkena musibah banjir, inilah saatnya untuk melakukan pengecekan atas asuransi properti kita. Apakah klausul banjir masuk dalam pertanggungan atau tidak. Kalau perlu tambahkan Temporary Accommodation Clause untuk mengganti biaya mengungsi sementara.

Tejasari CFP®
Independent Financial Planner
Tatadana Consulting
www.tatadana.com

Comments are closed.

WhatsApp chat