Bagaimana membeli rumah murah bersubsidi

Bagi banyak orang yang ingin memiliki rumah, pasti bertanya Bagaimana membeli rumah murah bersubsidi ? Memang tidak mudah untuk memiliki rumah saat ini. Harga nya yang cukup tinggi, dan terus naik setiap tahunnya, membuat keinginan untuk memiliki rumah semakin jauh saja. Tapi, jangan khawatir, saat ini Pemerintah kita memiliki program Rumah Murah Bersubsidi. Dengan program ini, kalangan bawah yang juga ingin memiliki rumah, bisa terbantu dan juga bisa memiliki rumah seperti yang lainnya.

Apa itu program Rumah Murah Bersubsidi ? Program ini ditujukan bagi masyarakat yang memiliki penghasilan rendah tapi ingin memiliki rumah melalui kredit dengan harga yang terjangkau. ( Baca juga http://www.tatadana.com/kredit-pemilikan-rumah-kpr/)

Apa saja keunggulan dari program ini dibandingkan program KPR yang biasa ?

  1. Uang muka mulai dari 1% saja. Sangat ringan, sehingga dengan uang yang sangat terbatas, kita bisa langsung mulai memiliki rumah. Rumah seharga Rp. 120 juta, uang muka 1% artinya hanya sebesar Rp. 1,2 juta kita sudah bisa membelinya.
  2. Suku bunga jauh lebih rendah, hanya sebesar 5% per tahun. Bandingkan dengan bunga KPR yang umumnya berkisar antara 11% – 13% pertahunnya. Tentu saja bunga ini sangat rendah.
  3. Suku bunga tetap sepanjang jangka waktu kredit, memastikan cicilan kita juga tetap. Bunga KPR yang biasa tentu saja berubah dan kadang terus meningkat, sehingga cicilannya juga semakin besar saja.
  4. Jangka waktu bisa mencapai 20 tahun. Semakin panjang periode, tentunya cicilannya akan semakin kecil. Tapi, kalau dihitung uang yang kita bayarkan akan besar. Jadi, pilihlah periode yang tidak terlalu panjang.

Agar program ini bisa berjalan lancar, Pemerintah tentunya menggaet beberapa Bank BUMN dan  Bank BPD di beberapa daerah. Sebut saja Bank BTN, Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI dan beberapa BPD.

Bagaimana membeli rumah murah bersubsidi ? nah inilah syarat umum yang harus dimiliki

  • Belum punya rumah, dan belum pernah menikmati subsidi pemerintah dalam hal kepemilikan rumah
  • Umurnya sudah mencapai 21 tahun atau sudah menikah
  • Sudah bekerja lebih dari 1 tahun atau sudah berusaha lebih dari 1 tahun
  • Memiliki NPWP dan SPT pajak

Berapa maksimal gaji kita supaya bisa menikmati subsidi pemerintah ini ?

Besarnya maksimal gaji yang diperkenankan disesuaikan dengan jenis rumah yang akan kita beli. Ada 2 jenis rumah yaitu pertama Rumah Sejahtera Tapak dan kedua Rumah Sejahtera Susun. Untuk Rumah Sejahtera Tapak, gaji kita tidak boleh lebih besar dari Rp. 4 juta per bulannya. Untuk Rumah Sejahtera Susun, gaji kita tidak boleh lebih besar dari Rp. 7 juta per bulannya.

Supaya rumah subsidi tepat sasaran dinikmati oleh masyarakat bawah, maka Pemerintah mensyaratkan rumah ini harus kita tempati sendiri. Kalau tidak, maka Pemerintah bisa mengambil rumah ini, apabila tidak kita tempati selama 1(satu) tahun. Bagaimana kalau kita sewakan ke orang lain ? ternyata kita harus menempatinya selama 5 tahun dulu, baru boleh disewakan. ( Baca juga http://www.tatadana.com/pilih-rumah-bekas-atau-baru/)

Nah, sudah mengetahui Bagaimana membeli rumah murah bersubsidi. Ayo kita sekarang mencari lokasi rumah subsidi yang sedang ditawarkan. Gampang kok, search aja di google, langsung keluar daftar list rumah murah bersubsidi yang bisa dibeli.

Tejasari CFP®

No Comments Yet.

Leave a comment

WhatsApp chat