Bertambah Kayakah Kita di tahun 2012 ini?

 

Akhir tahun sudah didepan mata. Buat sebagian orang, bulan ini adalah waktunya untuk evaluasi apa yang telah dilakukan di tahun yang sebentar lagi akan berlalu ini.  Dalam hal keuangan pribadi, ini merupakan saat yang tepat untuk mengevaluasi bagaimana kondisi keuangan kita di tahun 2012 ini. Bertambah kayakah kita, atau justru sebaliknya? Pertanyaan ini merupakan dasar mengapa kita perlu melakukan evaluasi terhadap kondisi keuangan pribadi kita

Periksa nilai seluruh aset di akhir tahun ini

Langkah pertama untuk menjawab pertanyaan ini, adalah dengan mendata nilai  semua aset yang dimiliki – sesuai dengan kondisi terakhir per awal bulan Desember ini. Coba didata dengan detail, berapa nilai aset lancar seperti tabungan, deposito, logam mulia, reksadana, saham dan investasi lain yang kita miliki. Demikian pula dengan aset tidak lancar yang kita miliki: rumah, tanah, mobil yang kita miliki, berapa nilainya saat ini. Lalu kita jumlahkan keduanya, nah didapatlah angka total aset – alias total kekayaan yang kita miliki. Coba bandingkan nilainya dengan nilai di awal tahun. Jumlah yang meningkat menunjukkan berkembangnya kondisi keuangan kita.

Periksa nilai hutang yang dimiliki

Namun itu saja belum menjawab apakah kita bertambah kaya atau tidak. Setelah melihat berapa aset yang kita miliki, maka saatnya untuk melihat nilai hutang yang kita miliki. Segala bentuk hutang yang kita miliki, catatlah nilainya. Mulai dari hutang rumah alias KPR, hutang mobil, hutang kartu kredit, sampai ke hutang kepada teman. Lagi-lagi, bandingkanlah nilainya dengan saat awal tahun. Apakah jumlah hutang kita meningkat atau menurun? Nilai hutang yang menurun atau semakin kecil merupakan kondisi yang diinginkan.

Jika kekayaan bersih kita meningkat.

Wah, kondisi ini tentunya menyenangkan hati, namun jangan berhenti sampai disitu. Kondisi yang menggembirakan ini pun perlu dievaluasi lebih lanjut. Apa sih key success factornya? Apa hal-hal baik yang menyebabkan kekayaan bersih kita meningkat? Apakah karena kedisiplinan kita berinvestasi rutin sepanjang tahun ini? Apakah karena kemampuan kita untuk memperkecil jumlah hutang dengan cara menghilangkan hutang-hutang yang konsumtif sifatnya, seperti hutang kartu kredit?

Hal-hal ini perlu dicatat, dan dipastikan untuk kembali diterapkan di tahun depan. Bayangkan jika Anda bisa mengidentifikasi faktor kekuatan peningkatan kekayaan yang Anda miliki, untuk kemudian digunakan setiap tahunnya. Hampir bisa dipastikan bahwa Anda akan terus berada di jalur yang tempat untuk menuju puncak kekayaan. Hm, menyenangkan bukan?

Inilah sebenarnya manfaat terbesar dari melakukan evaluasi keuangan diakhir tahun. Evaluasi memberikan gambaran jelas apakah kondisi keuangan kita membaik dan memberikan jalan untuk terus berada di jalur yang semakin membaik.

Demikian pula sebaliknya, jika gambaran yang dilihat adalah kondisi keuangan yang semakin memburuk, evaluasi kan membuat kita bisa mengindentifikasi hal-hal apa saja yang menyebabkan kondisi keuangan kita menjadi demikian. Dengan bekal pengetahuan ini, kita bisa memberhentikan jalur penurunan ini, dan bersiap untuk kembali ke jalur perbaikan di tahun mendatang.

Bagaimana? Bertambah kayakah Anda. Ayo segera temukan jawabannya.

Penulis :
Felicia Imansyah
RFA®Independent
Financial Planner
Tatadana Consulting

Comments are closed.

WhatsApp chat