Bijak Dengan Kartu Kredit Saat Lebaran

Tidak terasa hampir sebulan lamanya menjalani puasa. Alhamdulillah Hari Kemenangan akan tiba, bagi anda yang muslim dan menjalanan puasa, hari raya lebaran tinggal beberapa hari lagi. Sebenarnya apakah arti hari lebaran bagi Anda? Apakah lebaran artinya harus belanja baju lebaran, harus belanja aneka kue lebaran, harus belanja Bingkisan buat dibagikan ke kolega dan sanak saudara, harus bagi-bagi Angpau lebaran atau harus menghabiskan THR buat keperluan mudik atau harus semuanya??…

Apapun arti Lebaran bagi Anda, yang harus digaris bawahi adalah bijaklah memaknai hari raya lebaran yang sesungguhnya, bijaklah dalam mengatur pengeluaran finansial untuk hari raya lebaran. Pastikan anda sudah menyiapkan budget lebaran jauh-jauh hari sebelumnya (baca: menabung dana lebaran beberapa bulan sebelumnya). Jangan hanya mengandalkan dari uang THR dari kantor apalagi menggesek kartu kredit dengan membabi buta demi mau menghabiskan gaya Hari Raya Lebaran yang sebenarnya anda tidak mampu.

Ingatlah bahwa uang THR adalah salah satu pendapatan tahunan yang akan dialokasikan untuk pengeluaran Tahunan seperti zakat fitrah, zakat maal, belanja hari raya lebaran, melunasi hutang, membayar premi asuransi, membayar pajak mobil, PBB, dan Kurban untuk hari raya Idul Adha dll. Nah kan….

Selanjutnya, pasti akan ada pertanyaan “Jadi ngga boleh pake kartu kredit buat keperluan lebaran?”, “Buat apa punya kartu kredit kok ga boleh dipake?” “Buat apa punya kartu kredit kok cuman boleh ditaroh dirumah saja?”…. J Sebelum dijawab, ada baiknya pahami dulu pengertian kartu kredit dibawah ini,

  1. Pengertian Kartu Kredit

 

Kartu Kredit adalah Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK) yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi, termasuk transaksi pembelanjaan dan / atau untuk melakukan penarikan tunai, dimana kewajiban pembayaran pemegang kartu dipenuhi terlebih dahulu (ditalangi) oleh acquirer atau penerbit dan pemegang kartu berkewajiban untuk melakukan pembayaran pada waktu yang disepakati baik dengan pelunasan secara sekaligus (charge card) ataupun dengan pembayaran secara angsuran. (Pengertian menurut PBI No. 14/2/PBI/2012)

Sederhananya kartu kredit adalah : alat pembayaran yang memberikan penundaan waktu pembayaran kepada pemiliknya ketika melakukan transaksi, artinya pemilik kartu mendapat talangan dana dari bank penerbit kartu kredit sehingga tidak harus membayar dari rekening pemilik kartu kredit saat dilakukan transaksi.

Nah, dengan memakai kartu kredit pembelanjaan ditalangi dulu oleh bank, ditalangi artinya tidak harus membayar sekarang tetapi diwaktu yang telah disepakati. Jadi, boleh dong kartu kredit dipakai untuk pembelanjaan lebaran asalkan dibayar lunas.

  1. Bijak Menggunakan Kartu Kredit

 

Bagaimana cara bijak menggunakan kartu kredit untuk keperluan lebaran. Setelah kita pahami kartu kredit adalah alat untuk membayar dimuka, pastikan kalau apapun yang akan anda belanjakan memakai kartu kredit sudah ada budget nya, dan siap dibayarkan. Kuncinya adalah kita harus yakin kalau dapat membayar semua tagihan yang muncul, jika ternyata kita cuman bisa mengangsur, berarti kita berhutang dan artinya sebenar kita tidak mampu berbelanja barang yang kita gesek dengan memakai kartu kredit.

Kira-kira jenis pengeluaran lebaran apa yang bisa kita pakai dengan menggunakan kartu kredit :

Tiket mudik, kenapa karena semakin jauh-jauh hari kita membeli tiket, harga tiket masih murah apapun jenis transportasinya apakah menggunakan trasportasi udara apakah darat. Jadi anda boleh memakai kartu kredit anda untuk membeli tiket, dan pastikan setelah anda terima THR, bayar lunas tagihan tiket anda. Jangan mencicil tiket pesawat anda, ini akan beresiko membebani keuangan pasca mudik lebaran.

Baju Lebaran, berbelanjalah baju lebaran anda jauh hari sebelum lebaran, selain tempat belanja tidak penuh sesak, anda lebih fleksible memilih yang lebih ekonomis dan sesuai budget. Sebisa mungkin pakai uang tunai, tapi anda bisa menggunakan kartu kredit, dan ingat selain dana nya harus sudah tersedia, jangan tertarik dengan sale atau beli 2 gratis 1, karena bisa over budget. Ikutin budget belanja lebaran anda.

Buat saya dan keluarga, kami tidak belanja baju lebaran setiap tahun. Terakhir saya belanja baju lebaran untuk keluarga kira-kira dua tahun yang lalu. Saya dan keluarga  lebih memilih memakai baju lebaran yang kami punya dan masih bagus dan bisa dikombinasikan (mix and match). Dan karena setiap lebaran kami melalukan perjalanan mudik, jadi baju yang keluarga saya pakai adalah baju-baju casual, yang nyaman untuk perjalanan.

Keperluan Lebaran, keperluan lebaran ini meliputi bingkisan barang atau makanan di hari raya lebaran. Jika anda harus mengirimkan bingkisan ke kolega atau sanak keluarga, belanjalah yang bijak. Jangan memaksa diri untuk terlihat keren dan mewah dipandang orang. Berikan bingkisan yang bermakna dan sesuai budget anda, be creative but also meaningful buat penerima bingkisan. Sebisa mungkin bayar tunai tapi jika harus memakai kartu kredit, pastikan dana nya sudah di alokasikan.

Jika anda tidak melakukan perjalanan pulang kampung, dan berlebaran dirumah saja, mungkin anda perlu menyiapkan budget untuk makan di hari raya, dan mungkin juga menunya lebih istimewa dibanding hari biasa. Dan sebisa mungkin gunakan uang tunai.

  1. Tips tidak terbelit kartu kredit saat lebaran

 

Kunci utama saat penggunaan kartu kredit untuk keperluan lebaran adalah bayar lunas semua tagihan yang muncul. Agar anda tidak terbelit hutang kartu kredit hanya untuk memenuhi kebutuhan hari raya lebaran, atau terganggu kondisi keuangan anda pasca hari raya lebaran, sebaiknya alokasikan budget untuk hari raya beberapa bulan sebelumnya. Jangan menggantungkan hanya dari budget THR saja. Karena hari raya lebaran selalu anda rayakan setiap tahun, maka buat budget khusus lebaran dan dimasukkan ke anggaran tahunan, dan bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan selama bulan puasa sampai hari raya lebaran baik anda akan mudik atau tidak. Jika anda tidak menyiapkan budget khusus lebaran maka anda akan terbebani dengan penumpukan hutang, dan setelah lebaran berlalu anda masih sibuk melunasi hutang lebaran, hal ini akan mengacaukan kondisi keuangan anda.

Jika lebaran ini tahun ini anda belum menyiapkan budget khusus lebaran, yuk setelah terima gaji bulan ini, mulailah menyisihkan sekitar 5% dari penghasilan anda untuk anggaran hari raya lebaran, karena mengandalkan uang THR saja untuk memenuhi kebutuhan bulan puasa dan lebaran tidak cukup.

Let’s be smart with your money!

Ira Puspitasari, CFP ®

Financial Planner, Tatadana Consulting

Ira_susatyo@yahoo.co.id

Masih kurang jelas dengan artikel diatas, Ingin berkonsultasi langsung? Hubungi Tatadana Consulting : tanya@tatadana.com, Grha Toejoeh Empat lantai 3 Jalan Wolter Monginsidi No.15 Jakarta Selatan 12110, (021-7235949). Ingin menghitung kebutuhan dana pensiun, dana pendidikan anak atau tujuan keuangan lainnya? Yuuk, hitung dengan kalkulator finansial di : www.keuanganitumudah.com

No Comments Yet.

Leave a comment

WhatsApp chat