Bijak Menyikapi Kredit Tanpa Agunan atau KTA

3 tahun ini marak sekali penawaran Kredit Tanpa Agunan atau KTA. Bahkan bank-bank besar mulai banyak menawarkan program ini.

Saya secara pribadi sendiri tidak suka dengan KTA. Namun mungkin bagi beberapa teman dengan adanya fasilitas ini cukup membantu bagi mereka yang membutuhkan.

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika menggunakan KTA.

Pertama yang paling penting adalah ¦ APA tujuan teman-teman menggunakan KTA? Apa motivasi teman-teman menggunakan KTA? Pastikan motivasi dan tujuan yang jelas dalam menggunakan KTA. Karena pinjaman KTA tidaklah murah, bunga yang ditawarkan kadang bisa lebih mahal daripada penggunaan gesek tunai atau kartu kredit. Jadi sebelum menggunakan fasilitas KTA, pastikan dulu reason WHY teman-teman cukup kuat.

Kedua : kita harus mengetahui penawaran yang diajukan KTA beserta syarat-syaratnya. Umumnya dikarenakan pinjaman tanpa jaminan, maka nilai yang dipinjamkan biasa relatif kecil.

  • Dari segi plafon pinjaman paling maksimal biasa kisaran 100 juta hingga 300 juta rupiah saat artikel ini ditulis.
  • Jangka waktu nya bisa dari kisaran 1 tahun hingga 5 tahun.
  • Pembayaran cicilan dengan sistem bunga FLAT. Jadi apa yang kita bayarkan tiap bulan sama jumlahnya. Ini yang harus hati-hati sekali dalam berhitung. Bunga yag ditawarkan biasanya dari 0.99% hingga 3.5% per bulan.
  • Tanpa agunan. Jadi kita tidak perlu menjaminkan surat tanah, rumah, mobil, deposito dan sebagainya.

Syarat umum yang paling sering diminta pada umumnya adalah

  • Formulir aplikasi
  • Fotocopy KTP pemohon
  • Slip gaji asli atau fotocopy-an.
  • Rekening koran asli atau fotocopy-an buku tabungan.
  • Fotocopy Kartu kredit (depan belakang) dan tagihan 1 bulan terakhir yang asli.
  • Fotocopy NPWP / SPT

Ketiga : mulai lakukan perhitungan. Hitung dengan cermat apakah kita sanggup untuk membayar dengan disiplin hutang tersebut. Ada perbedaan antara mengambil resiko dan spekulasi. Mengambil resiko adalah kita sudah menghitung untung rugi dalam resiko tersebut. Sementara spekulasi kita hanya berdoa dan berharap yang terbaik.

Keempat :  Anda selalu ada pilihan, Dana mudah tidak selalu harus KTA. 🙂

Indra Sjuriah ®

Associate Financial Planner

Tatadana Consulting

Masih kurang jelas dengan artikel diatas, Ingin berkonsultasi langsung? Hubungi Tatadana Consulting, Grha Toejoeh Empat lantai 3 Jalan Wolter Monginsidi No.15 Jakarta Selatan 12110, (021-7235949), www.tatadana.com / www.keuanganitumudah.com

No Comments Yet.

Leave a comment

WhatsApp chat