Memiliki bisnis merupakan hal yang diingini oleh semua orang. Akan tetapi, tidak jarang seperti ada sebuah tembok yang menghalangi kita untuk memulainya. Dari sisi investasi, sudah jelas, bahwa bisnis memiliki resiko yang sangat tinggi. modal yang kita tanamkan untuk berbisnis bisa hilang semua, bahkan bisa jadi kita malah berhutang.

Takut untuk berbisnis dengan modal besar ? kenapa tidak memulainya dengan modal kecil dulu ? Nah, salah satu alternatif modal bisnis yang bisa dimulai dengan modal yang relatif kecil adalah bisnis online. inilah beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk memulai bisnis online :

 

  • Bisnis online biasanya menggunakan media sosial untuk melakukan marketing nya. Sehingga membuat website menjadi sebuah keharusan. Mulai dari angka 2 jutaan hingga puluhan juta, saat ini banyak sekali para pembuat website yang bisa kita hubungi. Tentu saja, ada harga ada barang. Sesuaikan dengan modal yang kita punya dulu, setidak tidaknya kita sudah mulai.

 

 

  • Mulailah menjual barang orang lain, bukan produk sendiri. Bisa saja kita hanya sebagai penjual tapi bukan yang memproduksi. Dengan cara ini kita tidak memiliki resiko apabila barang yang kita jual tidak laku.

 

 

  • Social media adalah tempat termurah yang bisa kita gunakan sebagai alat marketing kita. Mulai dari facebook, twitter, blog atau segala macam media yang bisa memberikan fasilitas gratis tanpa biaya, dapat kita manfaatkan dengan optimal.

 

 

  • Jaga kredibilitas kita. Inilah satu hal yang sangat penting dalam bisnis online. Karena kita tidak memiliki toko secara fisik, maka kredibilitas kita adalah modal utama kita yang harus dijaga. Misalnya, mutu barang harus sesuai dengan yang kita promosikan, pengiriman barang tepat waktu.

 

 

  • Siapkan seorang karyawan, atau kalau belum punya modal untuk menggaji karyawan, siapkan diri kita untuk tetap online. Karena banyak orang yang tetap mau berbicara walau secara online, dengan penjualnya. Tidak hanya melalui email.

 

Bisnis online apa yang mau kita mulai ?

Coba lihat bisnis online yang sudah ada saat ini. Mana yang paling sesuai untuk kita dan rasanya paling menyenangkan untuk dikerjakan. Pastikan kita memiliki cukup pengetahuan akan barang yang kita jual tersebut.

Selamat berbisnis online.


Tejasari CFP®

 

 

 

Comments are closed.

WhatsApp chat