Catatan Keuangan – Mungkin dari kita ada pengusaha yang bergelut dalam sektor usaha mikro kecil Dan menengah (UMKM). UMKM sendiri merupakan salah satu organisasi bisnis yang dijalankan untuk mendapatkan laba (profit oriented). Skala bisnis UMKM adalah masih skala kecil untuk omset sehingga sering kali pengelolaan keuangan di lakukan sendiri. Seringkali UMKM kesulitan mendapatkan informasi laba usaha, pajak, dan informasi total biaya. Masalah masalah keuangan yang di lakukan UMKM mengandalkan tenaga sendiri sehingga sering kali pencatatannya menjadi sangat merepotkan.

Mayoritas permasalahan tersebut berawal dari tidak adanya pencatatan keuangan yang dilakukan oleh pemilik atau staf keuangan UMKM. Waktu menjadi tidak efektif lagi untuk penyelenggara UMKM karena mereka harus mengelola usahanya agar tetap berjalan.

Ada hal yang membuat dilema sebagai penyelengara UMKM dalam pencatatan keuangan yaitu tidak mengetahui casflow uang tepatnya keluar kemana saja. Ingin menyewa pekerja lainnya harus mengeluarkan biaya yang tidak murah. Sedangkan usaha yang ada masih belum menyukupi untuk menambah sumber daya manusianya.

Kenapa sih pencatatan keuangan merupakan hal penting bagi institusi bisnis?

Pertanyaan seperti itulah yang sering muncul bahwa seberapa pentingkah adanya pencatatan keuangan itu . berikut adalah beberapa keuntungan yang didapat, jika di lakukan pencatatan keuangan :

1.Mencegah penyelewang keuangan

sebagaimana pentingnya kegiatan bisnis itu sendiri. Selain bermanfaat untuk mendapatkan laporan keuangan seperti laporan laba rugi, laporan neraca, laporan arus kas, dan laporan perubahan modal, pencatatan keuangan bermanfaat untuk mencegah penyelewengan keuangan. Meskipun tidak bisa menghindari secara utuh penyelewengan keuangan, setidaknya pencatatan keuangan dapat meminimalisasi tindak penyelewengan keuagan karena seluruh transaksi usaha tercatat dengan baik dan akurat.

2.Memudahkan mendapatkan Investor

Laporan keuangan merupakan kunci dari sebuah bisnis itu baik atau tumbuh. Adalah hal yang wajar jika para investor melihat laporan keuangan suatu bisnis untuk memastikan bahwa uang mereka aman. Manfaat pencacatan keuangan  adalah memudahkan UMKM mendapat investor atau kreditor. Setiap usahawan berharap agar bisnisnya berjalan lancar dan melakukan ekspansi. Karena itu, usahawan membutuhkan tambahan modal baik dari internal maupun eksternal. Pembiayaan eksternal diperoleh dari investor dan kreditor, adapun mayoritas investor dan kreditor berkepentingan mengetahui kondisi keuangan perusahaan dan memprediksi aliran kas di masa depan berdasarkan laporan keuangan yang diterbitkan.

3.Sebagai Bahan Evaluasi

Seseorang harus mengetahui bahwa dengan bisnis nya untung atau rugi dari laporan keuangan. Jadi seringkali seseorang mengatakan bahwa dirinya merasa untung karena proyek atau orderannya sangat banyak. Tapi mengapa profit usahanya sangat sedikit. Hal ini sangat mengherankan apabila tidak ada laporan tertulis yang dapat menyelidiki kemana perginya uang uang tersebut.  bisa jadi kondisi seperti akan mericuhkan dan akhirnya saling curiga yang dapat menghancurkan kebersamaan dalam tim.

Jika anda mengalami kesulitan dalam melatih anda dalam pencatatan keuangan. Kami tata dana consulting dapat membantu anda.  Jika anda membutuhkan konsultasi lebih lanjut, ataupun anda tertarik untuk mengikuti pelatihan manajemen keuangan yang diselenggarakan oleh Tatadana Consulting, maka anda bisa menghubungi kami di 021 – 7235949 atau email ke tanya@tatadana.com kami siap membantu anda.

Selain itu kamu dapat membantu anda, jika anda ingin berinvestasi kepada sektor sektor keuangan. Ada berbagai macam sumber investasi yang dapat anda amati serta tekuni, mulai dari saham, reksadana, pasar uang, emas. Kami dapat membantu anda memahami tentang investasi yang baik sebagai sarana anda menggandakan penghasilan anda.

 

No Comments Yet.

Leave a comment

WhatsApp chat