“Tax Amnesty” Apa Sih ? – Akhir – akhir ini sering dibahas tentang tax amnesty atau pengampunan pajak. Banyak dari rakyat Indonesia yang kurang mengerti apa itu tax amnesty. Amnesty pajak adalah program pengampunan yang diberikan oleh pemerintah kepada wajib pajak meliputi penghapusan pajak yang seharusnya teruang, Penghapusan sanksi administrasi perpajakan, serta penghapusan sanksi pidana di bidang perpajakan atas harta yang diperoleh pada tahun 2015 dan sebelumnya yang dilaporkan dalam SPT dengan cara melunasi seluruh tunggakan pajak yang dimiliki dan membayar uang tebusan.

Apabila selama ini kita selalu membuat laporan pajak dengan benar, maka tidak perlu ikut program tax amnesty ini. Pelaporan pajak biasanya dilakukan setiap awal tahun untuk melaporkan penghasilan apa saja yang didapatkan sepanjang tahun sebelumnya. Misalnya penghasilan selama tahun 2015 dari Januari sampai Desember 2015, dilaporkan pada awal 2016. Dari penghasilan yang kita peroleh, maka besarnya pajak yang harus dibayarkan bisa dihitung. Kebanyakan orang yang bekerja, maka pembayaran pajaknya sudah dibayarkan oleh kantor tempat bekerja, sehingga tidak ada lagi kekurangan pajak yang harus dibayarkan. Sementara yang memiliki penghasilan lain diluar pekerjaannya, harus menambahkan kekurangan pajak yang harus dibayarkan dari penghasilan lain-lainnya itu.

Selain melaporkan penghasilan, kita juga perlu melaporkan aset apa saja yang dimiliki sepanjang tahun itu, misalnya tabungan atau deposito, reksa dana, unit link, mobil, motor hingga rumah dan tanah. Kalau aset ini sebelumnya sudah dimasukan maka tahun berikutnya ditambah lagi dengan aset-aset yang baru. Selain penambahan aset karena dibeli sendiri, juga perlu memasukkan aset dari pembelian seperti hibah atau waris. Kalau ada beberapa aset yang selama ini tidak masuk dalam laporan pajak, maka kita perlu perbaiki bisa dalam bentuk perbaikan pelaporan pajak atau bisa juga mengikuti program tax amnesty ini.

Tax amnesty dibuat oleh pemerintah dengan maksud utama dana warga negara Indonesia yang ada di luar negri masuk kembali ke Indonesia. Negara Indonesia membutuhkan dana untuk pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif. Dana tersebut bisa didapatkan dengan masuknya dana yang dimiliki oleh warga negara Indonesia, yang berada di luar negeri. Manfaatnya akan memberikan :

  • Peningkatan likuiditas domestic
  • Perbaikan nilai tukar rupiah
  • Suku bunga yang kompetitif
  • Peningkatan investasi

Sementara bagi yang kekayaannya berada di Indonesia, tax amnesty ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan perbaikan data pada laporan pajak.

Setiap orang atau badan berhak mengikuti program ini dan mendapatkan amnesti pajak, antara lain :

  • Wajib Pajak Badan
  • Wajib pajak yang bergerak di bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengan (UMKM)
  • Orang Pribadi atau Badan yang belum menjadi Wajib Pajak.

Karena program tax amnesty ini berupa hak bukan kewajiban, maka tidak harus mengikutinya kalau tidak diperlukan. Apalagi program ini dalam bentuk pelaporan data aset dan utang saja bukan penghasilan. Kalau memang seluruh aset yang dimiliki saat ini sudah masuk dalam laporan pajak tentunya tidak perlu kita ikuti lagi. Akan tetapi, kalau memang ingin mengikuti program ini, maka manfaat yang didapatkan antara lain adalah penghapusan pajak yang seharusnya terutang, tidak dikenai sanksi administrasi dan pidana perpajakan, tidak dilakukan pemeriksaan atau penyidikan dan pembahasan pajak penghasilan untuk balik nama harta tambahan. Pastinya, semua kesalahan dalam pelaporan pajak sebelumnya menjadi selesai dengan program ini.

Jika ingin mengetahui lebih detil tentang program tax amnesty ini, datanglah ke kantor pajak tempat teman – teman terdaftar, akan ada petugas yang akan menjelaskan dengan detail tentang program ini, sampai pada pertanyaan, apakah kita perlu mengikuti program ini. Jangan lupa, bawa juga berkas laporan pajak tahun sebelumnya sehingga bisa mempermudah prosesnya.

Jika butuh bantuan penjelasan tentang tax amnesti ini, silakan hubungi kami untuk  konsultasi lebih lanjut, atau pendaftaran untuk mengikuti pelatihan manajemen keuangan yang diselenggarakan oleh Tatadana Consulting, maka anda bisa menghubungi kami di 021 – 7235949 atau email ke tanya@tatadana.com kami siap membantu anda.

 

No Comments Yet.

Leave a comment

WhatsApp chat