Cinta adalah pengorbanan dan investasi bagian dari Cinta

Apakah ada hubungannya antara cinta, pengorbanan dan investasi? tentu saja ada. Judulnya mungkin terasa seperti roman picisan, tapi bukan, tulisan ini kaitannya tentang investasi dan ibadah kurban yang dilakukan oleh umat muslim disetiap Idul Adha. Sedangkan cinta yang dimaksud adalah cinta terhadap sang maha pencipta

Mungkin anda bertanya-tanya apakah ada persamaan berkurban dengan investasi? kurban sendiri merupakan salah satu Tujuan Keuangan jangka pendek. Dalam perencanaan keuangan kurban  bisa kita capai dengan 3 cara:

  1. Menyisihkan dari gaji bulanan, tentunya jika gaji anda lumayan besar sehingga untuk membeli hewan kurban kita bisa langsung menyisihkan dari gaji kita
  2. Menyishkan dari cashlow tahunan, ini dilakukan biasanya jika pendapatan tahunan lumayan besar
  3. Jika gaji dan cashflow tahunan tidak terlalu besar bisa menabung atau berinvestasi

Jadi untuk bisa berkurban seseorang bahkan harus berinvestasi. Lalu dimana letak persamaannya?

Investasi sebenarnya merupakan suatu pengorbanan juga, yaitu pengorbanan terhadap sejumlah dana saat ini yang bisa kita gunakan untuk kesenangan kita, namun malah kita sisihkan untuk dapat memenuhi kebutuhan di masa yang akan datang dengan mengharapkan kompensasi keuntungan dengan diiringi oleh risiko tertentu. Bisa jadi dana yang kita sisihkan bertambah karena ada keuntungan atau bahkan menderita kerugian.

Qurban seperti namanya juga merupakan pengorbanan yang dilakukan khusus umat muslim untuk membuktikan kecintaan dan ketaatan terhadap Allah swt, tentunya juga dengan mengharapkan sebuah kompensasi berupa janji Allah di akhirat dan kompensasi berupa gelar takwa dari Allah swt (dengan syarat dan ketentuan berlaku tentunya). Dan ibadah ini memang membutuhkan uang untuk dapat membeli hewannya #kecuali Anda adalah peternak hewan kurban. Jika Anda sebenarnya sanggup untuk membeli hewan kurban ini dan tidak mempunyai hutang namun Anda tidak melakukan ibadah ini maka Anda bisa dikategorikan PELIT dan tentu saja ada “kompensasi” tersendiri untuk Anda dari sang maha pencipta sekaligusjuga tidak berhak mengaku-ngaku kalau anda cinta dan Taat terhadap sang maha pencipta. Karena hakikatnya cinta adalah pengorbanan dan pengorbanan dibutuhkan uang untuk membeli hewan kurban.

Beberapa orang yang penghasilannya jauh dibawah UMR demi membuktikan kecintaannya rela menyisihkan uang sampai bertahun-tahun dengan menggunakan instrumen keuangan yang terbatas dan demi membeli hewan kurban mereka melakukan pengorbanan dengan hidup seadanya.

Nah bagaimana dengan Anda yang mempunyai penghasilan jauh diatas UMR dan mempunyai pengetahuan instrumen investasi yang beragam? Jangan sampai gadget, tas branded atau barang mewah lainnya bisa kita miliki namun untuk berkurban kita tidak punya dananya.

Kita bisa menyatakan cinta kita dengan ibadah Kurban ditahun depan dimulai dengan investasi  dari sekarang. Instrumen investasi yang dapat Anda gunakan bisa beragam mulai dari emas, deposito, atau reksadana syariah pendapatan tetap.

Selamat Idul Adha 1435 H dan Selamat Menunaikan Ibadah Qurban

Aprida, CFP ®

Independent Financial Planner PT. Tatadana Consulting

Comments are closed.

WhatsApp chat