Kondisi darurat keuangan keluarga terkadang tidak pernah bilang bilang dahulu, dia datang saja tiba tiba tanpa pandang bulu dan lupa waktu. Tentu saja, kita terkadang tidak siap dalam menghadapi kondisi darurat dalam keluarga. Apalagi kalau kondisi darurat itu adalah kondisi darurat keuangan, hal ini bisa jadi mempengaruhi kehidupan keluarga anda saat ini dan menjadi masalah yang terus berlanjut dalam keuangan keluarga.

Kondisi darurat keuangan seperti apa sebenarnya yang bisa berpengaruh tidak baik dalam keuangan keluarga kita ? kebanjiran, kebakaran, perampokan, kecelakaan, sakit parah atau musibah lainnya. semuanya ini tentu tidak kita inginkan, akan tetapi kita tidak bisa menolaknya saat kondisi itu terjadi bukan ?

Sekali lagi, kondisi darurat tentu saja tidak menyenangkan bagi kita. Apalagi buat orang orang yang sudah mengalaminya. Mereka merasakan sekali beratnya melalui waktu waktu itu. Nah, bagi kita yang saat ini masih baik baik saja, janganlah menjadi terlena, karena kondisi darurat itu sering datang mendadak. Ayo kita persiapkan keuangan kita dengan baik untuk menghadapi kondisi darurat keuangan keluarga tersebut. Apa yang bisa kita persiapkan ?

  1. Miliki dana darurat dalam keluarga

Menabung untuk membuat dana darurat dalam keluarga, sudah menjadi kewajiban kita. Pisahkan dana darurat keluarga ini dalam tabungan yang terpisah, agar tidak tergabung dalam rekening pengeluaran rutin keluarga. Buatlah minimal 3 x biaya bulanan keluarga, dan tambahkan terus sedikit demi sedikit, agar dana darurat ini bisa menjadi dana yang tangguh  menghadapi kondisi darurat.

  1. Membeli asuransi

Memiliki asuransi adalah pilihan lain yang sangat baik. Asuransi rumah, asuransi kecelakaan, asuransi kesehatan, asuransi penyakit kritis, ataupun asuransi jiwa semuanya bisa menggantikan biaya yang dibutuhkan apabila terjadi kondisi darurat dalam keluarga. Pilihlah prioritas kebutuhan asuransi dalam keluarga yang sesuai dengan kondisi keuangan kita. apabla penghasilan kita bertambah nantinya, kita bisa menambah produk asuransi lainnya yang bisa memenuhi kebutuhan proteksi keluarga.

Apakah anda sudah siap menghadapi kondisi darurat keuangan keluarga ? Masih bingung bagaimana caranya mempersiapkan dana darurat dalam keluarga ataupun memilih asuransi yang tepat bagi keluarga anda ? Anda bisa bertanya dengan seorang konsultan keuangan atau Financial Planner. Berdiskusi dengan seorang konsultan keuangan (Financial Planner) akan membantu anda untuk mempersiapkan kebutuhan darurat keuangan keluarga anda, dan semoga bisa membantu anda untuk mendapatkan solusi keuangan yang terbaik bagi anda. Jika anda tertarik untuk berkonsultasi, silahkan hubungi Tatadana Consulting di 021-7235949 / 0813 1862 1626 atau email ke tanya@tatadana.com. Kami siap membantu anda mengkonsultasikan pengelolaan keuangan yang terbaik bagi anda dan keluarga.

Tejasari Asad CFP®

No Comments Yet.

Leave a comment

WhatsApp chat