Do and Dont’s Mengatur Keuangan Untuk Hobi

Hobi adalah salah satu kegiatan yang memberikan banyak manfaat bagi kita semua. Sayangnya, budget anggaran hobi ini bisa menguras kantong kita, bahkan bisa bisa tanpa kita sadari membuat tagihan kartu kredit kita jadi melonjak tinggi. Ingin menjalani hobi tapi keuangan kita tidak terganggu, cobalah perhatikan do & dont’s keuangan untuk hobi.

DO

1. Alokasi budget bulanan untuk membership fee.

Membership fee biasanya dibayar secara bulanan. Jangan lupa memasukkan dalam anggaran bulanan kita, supaya sudah ada alokasi tetap setiap bulannya. Tentu saja, pengeluaran untuk hobi masuk dalam bagian pengeluaran pribadi, yang alokasinya tidak boleh lebih besar dari 20% penghasilan bulanan kita.

2. Alokasi bonus tahunan atau bonus lainnya untuk membeli peralatan hobi yang cukup mahal

Fanatik dalam salah satu hobi ? ga ada salahnya kok. Hanya saja, biasanya kita jadi ingin membeli peralatan kelas 1 atau yang terbaik. Otomatis harganya pasti lebih mahal. Kalau anggaran bulanan kita sudah mentok, alokasikan pembelian peralatan ini dari bonus tahunan atau bonus lainnya. semakin tinggi bonus yang kita dapat, semakin besar budget pembelian peralatan ini tentunya.

3. Mendapatkan penghasilan dari hobi

Inilah hal yang paling menyenangkan, menjalani hobi kita, sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan. Ingin mencoba ? banyak cara yang bisa dipakai untuk bisa mendapatkan penghasilan dari hobi kita. Menjual lukisan, menjadi pelatih, mengatur trip perjalanan, menjual acessoris dan banyak lagi.

 

Dont’s

1. Pengeluaran untuk hobi jangan mengambil dari tabungan

Tergoda oleh sale besar besaran,sementara sudah tidak punya uang bulan ini ? ayo, jangan ambil dari tabungan kita. Tabungan sudah kita siapkan sejak lama, bersusah payah dikumpulkan setiap bulannya untuk kebutuhan masa depan kita. Sementara hobi adalah kebutuhan saat ini. Ayo, kuatkan hati, jangan ambil uang dari tabunga, pasti akan ada sale lagi nanti.

2. Membeli peralatan dengan kartu kredit, tapi tidak mampu melunasinya

Ini artinya, peralatan yang kita beli harganya akan berlipat ganda karena bunga tinggi yang dikenakan. Kalau tahu kita tidak punya uang untuk melunasi tagihan kartu kredit bulan depan. Segeralah ubah tagihan tersebut, dalam pembayaran bulanan yang cicilannya masuk akal dan sesuai dengan kemampuan bulanan kita.

3. Jangan teruskan cara kita menjalani hobi, kalau sudah sangat merusak dompet

Keuangan kita kacau balau karena tidak mampu menahan diri berbelanja untuk keperluan hobi. Inilah waktunya kita untuk berfikir, berhenti atau cari jalan lain. Misalkan kita punya hobi kuliner, mulai dari yang biayanya murah dipinggiran jalan sampai yang mahal kehotel berbintang atau keluar kota, itu hanya pilihan. Saat keuangan kita jadi kacau, inilah waktunya untuk berhenti sejenak, dan mencari alternatif yang sesuai kantong kita.

 

Tejasari CFP®

Comments are closed.