Gaji saya 750 ribu per bulan …

Itulah penjelasan dari seorang ibu yang menelpon saya di suatu hari Jumat. Dengan malu-malu, ibu ini bertanya apakah dia bisa cerita tentang kondisi keuangannya dan apakah saya mau membantunya. Tentu saja tidak ada jawaban “tidak” di hari Jumat, karena inilah hari yang kami sediakan untuk berbagi dan anda boleh bertanya apa saja.

Kembali ke ibu tadi, katakanlah namanya ibu A. Ibu A sudah menikah dan memiliki 2 anak. Penghasilan ibu A sebesar 750 ribu. Suaminya juga bekerja dan memiliki penghasilan sebesar Rp. 1,3 juta.  Tapi, terkadang ibu A dan suaminya mendapat penghasilan tambahan diluar penghasilan yang utama.

Ibu A memiliki asuransi pendidikan Bumiputera dengan pembayaran 750 ribu setiap 6 bulan, serta membeli asuransi jiwa dengan uang pertanggungan sebesar Rp. 10 juta, dengan premi sebesar Rp. 650 ribu setiap 3 bulan. Selain asuransi, ibu A juga membeli emas setiap 3 bulan sebanyak 5 gram dengan cara mencicil pada Bank Syariah, dan hal ini sudah dilakukannya secara rutin.

Membeli rumah seharga 100 juta adalah cita cita ibu A dalam 5 tahun kedepan, secara cash tanpa kredit Bank. Pertanyaan ibu A adalah, apakah dia harus membeli asuransi untuk bisa memiliki uang 100 juta dalam waktu 5 tahun lagi atau cara apa lagi?

Mencoba menjelaskan produk investasi, salah satunya reksadana, akhirnya saya menyerah, karena produk investasi tersebut sepertinya tidak masuk dalam “radar” ibu A, juga sulit dimengerti oleh ibu tersebut. Yang dia mengerti adalah asuransi dan emas. Akhirnya setelah berdiskusi tentang produk asuransi dan pandangannya tentang emas, kita sepakat untuk melanjutkan pembelian emas nya dan menambah porsi pembelian emasnya untuk 5 tahun kedepan, supaya keinginannya untuk beli rumah bisa tercapai.

 

Sebelum menutup pembicaraan kita, ibu A berkata,”walaupun gaji saya kecil, tapi saya masih bisa makan cukup, ga cuma makan nasi dan krupuk. Saya ingin sekali bisa punya rumah, saya akan cari penghasilan tambahan lagi dan tidak takut untuk kerja keras”. Dengan terharu, saya hanya bisa menjawab “iya bu, tentu saja, mudah-mudahan keinginan ibu bisa tercapai”

Keinginan, bukan cuma bisa dimiliki oleh kita yang memiliki gaji cukup, tapi juga dimiliki oleh seorang ibu dengan gaji 750 ribu per bulan. Berapapun penghasilan kita, asal tekad kita bulat untuk mencapainya, mudah-mudahan diberi rahmat dan dimudahkan jalannya oleh Allah.

It’s about You, Your Money and Your Life

Financial Free on Friday, let’s talk about you, your money and your life

teja

Comments are closed.

WhatsApp chat