Godaan terbesar apa yang terjadi di akhir tahun ?

 

Godaan terbesar apa yang terjadi di akhir tahun ?

Akhir tahun, merupakan ajang penggoda terbesar bagi keuangan kita. Hari yang dirayakan diseluruh dunia ini membuat kita terkadang kecolongan dan harus merogoh kantong dalam-dalam untuk melewatinya. kalau boleh kita buat listnya, pasti semuanya berhubungan dengan kegiatan akhir tahun :

1. Year end sale up to 80%

Ini adalah godaan terbesar yang tidak saja mempengaruhi bagi para wanita tapi juga kaum pria. Mulai dari pakaian, tas, sepatu, alat elektronik, gadget, hingga belanja di supermarket. coba lihat mall yang hiruk pikuk dengan bendera “year end sale” nya. Belum lagi penawaran kartu kredit yang menarik dengan cicilan 0% nya, semakin mendekati akhir tahun, para salesnya semakin gencar menawarkan. ya, tentu saja karena mereka dikejar target akhir tahun.

Tapi berhati-hatilah dengan godaan discount ini. Kaki kita pasti akan mengarah pada toko yang memberikan sale besar, tapi tanpa kita sadari yang kita beli justru bukan barang yang di diskon. kenapa ? karena barang yang di diskon biasanya barang yang sudah lewat jaman, atau yang mutunya kurang baik, dan sudah tidak ada ukuran yang cocok buat kita. Alhasil, keluar dari toko kita menenteng barang baru yang tidak didiskon, atau artinya kita sudah berbelanja diluar rencana dan budget kita.

2. Pesta akhir tahun

Inilah waktunya untuk berpesta bagi seluruh dunia. Semua orang didunia, bukan saja di negara kita merayakan pesta akhir tahun ini. Bagi banyak masyarakat di Indonesia, malam tahun baru biasanya dilewati dengan kumpul-kumpul bersama dalam sebuah pesta. makan, minum, pesta kembang api, barbecue, tentu saja hal ini tidak dilarang. Apakah biaya untuk pesta menjadi pengganggu bagi keuangan kita ? tentu saja tidak apabila semuanya sudah dianggarkan dari awal. Akan tetapi, apabila belum masuk dalam anggaran, maka berhati-hatilah dengan hutang yang menumpuk setelah pesta usai.

3. Rekreasi akhir tahun

Inilah juga acara yang banyak digemari masyarakat Indonesia saat ini. Rekreasi ke tempat-tempat pariwisata menjadi salah satu tujuan yang menarik. Contohnya saja, jalan menuju puncak Cianjur Bogor harus ditutup pada hari terakhir dalam kalender kita ini, karena kalau tidak, mungkin kemacetannya menjadi sangat luar biasa. Sementara, banyak orang lainnya sudah berangkat ke tempat-tempat rekreasi di seluruh Indonesia lainnya seperti Bali yang pastinya menjadi sangat ramai dan hiruk pikuk di akhir tahun ini.
Lupa untuk menganggarkan budget liburan akhir tahun ? Jangan paksakan untuk pergi apabila tidak ada dananya. Apalagi harga tiket menjadi meningkat tinggi di akhir tahun ini. Tentu saja tidak perlu rekreasi ke tempat-tempat yang memerlukan dana besar diluar kemampuan kita. Kalau memang harus pergi, pilihlah tempat yang masih masuk budget keuangan kita.

Godaan besar di akhir tahun selalu memancing kita untuk menutup mata melupakan kondisi keuangan kita yang sebenarnya. Ayo, kita pasti bisa melewati akhir tahun ini dengan bersenang senang tanpa dibebani dengan hutang di tahun berikutnya

Penulis :
Tejasari CFP®
Independent Financial Planner
Tatadana Consulting
www.tatadana.com

Comments are closed.

WhatsApp chat