Semua dari kita tahu sekali bahwa mengelola keuangan dengan baik adalah hal yang utama dalam hidup kita. Buat apa bersusah payah bekerja mati-matian, menghasilkan uang banyak, tapi ujung ujungnya habis juga. Tapi, ternyata bicara lebih mudah daripada melakukannya. Memerlukan energi yang besar agar tidak henti hentinya mengingatkan kepala kita sendiri untuk tidak berbelanja sesuka hati.

Mulailah dengan langkah kecil sederhana yang akan membawa kita pada kebiasaan baik dalam keuangan kita :

1. terima gaji, langsung sisihkan untuk zakat dan tabungan

Artinya kita mengutamakan dunia dan akhirat. Zakat membersihkan harta kita dan tabungan menyelamatkan kebutuhan masa depan kita. Jangan pikirkan jumlahnya, mulai saja dari jumlah yang kecil yang kita mampu untuk melakukannya. Lakukan secara rutin setiap bulannya, naikkan jumlahnya sedikit demi sedikit apabila kita sudah terbiasa melakukannya.

2. Lunasi tagihan kartu kredit

Kalau kita menerima gaji setiap bulan pada tanggal tertentu, maka apabila memungkinkan mintalah tanggal jatuh tempo pembayaran kartu kredit beberapa hari setelah tanggal gajian. Lakukan hal ini pada semua kartu kredit kita. Misalnya gaji bulanan jatuh pada tanggal 25, mintalah jatuh tempo pembayaran kartu kredit pada tanggal 1. Lunasi semua tagihan jangan disisakan sedikitpun. Pembayaran sebagian dari tagihan, akan menyebabkan berjalannya bunga hutang dan akan menyebabkan barang yang kita beli menjadi jauh lebih mahal dari harga awalnya.

3. Mulailah ber investasi

Jangan alergi dengan kata “investasi”, karena dia akan membantu kita melawan inflasi. Kalau kita tidak mengerti sama sekali, mulailah dalam bentuk investasi yang paling sederhana yang kita tahu. Emas, adalah bentuk investasi yang paling populer dikalangan orang tua kita, mudah membeli dan menjualnya. Properti, merupakan bentuk investasi lainnya yang aman, tapi perlu modal yang cukup besar. Kalau kita belum memilikinya sekarang, datanglah ke salah satu pameran properti, siapa tahu ada kesempatan baik disana untuk kita. Reksa dana adalah bentuk produk investasi yang bisa dibeli dengan jumlah kecil. Tidak ada kata terlambat untuk “investasi”, ayo lakukan sekarang

 

Sudah tahu, tapi sampai sekarang masih saja susah melakukannya.

Coba ajak teman untuk saling mengingatkan, akan menyenangkan kalau kita melakukannya bersama sama. Percayalah, langkah kecil ini, akan memberikan efek yang luar biasa dalam keuangan kita.

 

Tejasari CFP®

Comments are closed.

WhatsApp chat