Saat anak mendapatkan angpao Lebaran, apa yang harus orangtua lakukan supaya uang yang didapat tak “terbuang” percuma? Maka, sebelum angpao habis begitu saja, ajak anak menggunakan uang angpao-nya untuk beberapa hal bermanfaat.

Menabung 

Tentu saja, inilah cara terbaik dalam memanfaatkan angpao. Sebagai orangtua, kita tentu tahu manfaat menabung. Tapi, apakah anak akan setuju dengan pemikiran ini? Belum tentu, sebab kebanyakan anak-anak mengira sah-sah saja menghabiskan angpao untuk bersenang-senang. Namun apabila kita bisa menjelaskan dengan baik mengenai pentingnya menabung hingga mereka setuju, tentu ini adalah pilihan yang baik

Dibelikan barang yang dibutuhkan atau diinginkan

Daripada uang angpao habis begitu saja, salah satu jalan yang baik adalah uang tersebut dibelikan barang yang dibutuhkan atau diinginkan anak, misalnya :

  • Kebutuhan sekolah seperti tas sekolah, sepatu, alat tulis, dan lain-lain.
  • Mainan yang diinginkan anak. Pasti mereka akan senang sekali.
  • Hobi atau apa pun yang mendukung hobi anak. Buku bacaan, kacamata renang, baju bola, peralatan melukis, contohnya
  • Membeli barang dan sisanya ditabung

Inilah jalan tengah di antara memenuhi keinginan anak untuk membeli barang dan menabung. Setelah anak senang mendapatkan barang yang diinginkan atau disukai, maka sisa uang angapo bisa ditabung untuk kebutuhannya nanti. Lewat cara ini, mereka akan lebih mengerti akan kebutuhan menabung dari sebagian uang yang mereka dapatkan.

Lalu, apa  yang perlu orangtua perhatikan saat berdiskusi dengan anak dalam memutuskan penggunaan uang angpao? Pertama, jangan memaksakan keinginan. Biarkan anak-anak belajar memutuskan penggunaan uangnya. Ingat, tugas orangtua adalah membimbing anak agar uangnya tidak habis tanpa sisa begitu saja.

 

Tejasari CFP®
Independent Financial Planner
Tatadana Consulting
www.tatadana.com

Comments are closed.

WhatsApp chat