Jangan Pensiun Sebelum Melakukan Ini

Jangan Pensiun Sebelum Melakukan Ini – Setiap orang memiliki mimpi mengenai kehidupan seperti apa yang ingin mereka jalani. Kita dapat menemukan dan membuka peluang tak terbatas untuk mewujudkan impian-impian itu. Saat ini kita mencari penghasilan sebanyak-banyaknya, namun ketahuilah bahwa waktu akan menjadikan pembatas produktifitas. Maka dari itu, gunakanlah waktu sebelum pensiun kita dengan cara menyisihkan gaji untuk ditabung atau diinvestasikan. Dan jangan pensiun jika belum ada tabungan dan investasi.

Sebelumnya untuk apa sih kira menyisihkan gaji untuk ditabung dan diinvestasikan? Dan mengapa kita harus memulainya dari sekarang? Tentu saja untuk menyambut kehidupan kita mendatang. Salah satunya yaitu menyambut datangnya pensiun. Kita memulainya dari sekarang karena kita sebagai pekerja aktif harus sedini mungkin belajar menyisihkan gaji yang kita peroleh untuk menyambut kebutuhan pokok yang akan menghampiri kehidupan kita nanti.

Coba kita bedakan antara anak muda yang menyisihkan uang gajian mereka dengan yang tidak disisihkan sama sekali. Tentu saja pekerja aktif yang menyisihkan uang gaji untuk ditabung atau diinvestasikan mempunyai kehidupan yang lebih disiplin dan dewasa dalam menata hidupnya. Seseorang jika ingin pensiun harus seminimal mungkin sudah mengukur akan mau apa di usia pensiun, tetapi kegiatan apapun akan tidak enak jika tidak mempunyai dana, maka sebelum pensiun persiapkanlah dana taktis untuk masa pensiun. Caranya adalah dengan menabung dan berinvestasi.

Berikut tips buat kita yang ingin menyambut pensiunan dengan cara menabung atau berinvestasi :

  1. Tekad yang kuat untuk Menabung dan Investasi.

Menyisihkan gaji untuk kebutuhan. Fokus tentang apa yamg sedang kita tekatkan sekarang. Sisihkan uang gaji untuk kebutuhan mendatang. Atau investasikan gaji yang kita dapatkan dengan emas atau sebuah tanah. Karena emas dan tanah setiap tahunnya mengalami kenaikan harga. Jika lebih berani investasikan kedalam saham atau reksadana.

  1. Membuat rencana keuangan & kontrol secara efektif.

Membuat rincian pengeluaran adalah hal yang paling utama dalam mengelola keuangan. Sering kali kira kyrang mawas diri dalam pengeluaran yang tidaj tercatatl, nah hal inilah yang berdampak menguras tabungan. Solusinya sebelum kita mengeluarkan uang siapkan catatan. Ini  untuk membuat perincian biaya pengeluaran dari situ kita akan tahu senerapan pengeluaran yang kita keluarkan dan kesadaran untuk berhemat mulai muncul. Karena nilai sekecil apapun yang kita keluarkan akan tetap bejumlah banyak jika dalam kurun waktu lama kita akumulasikan. Sehingga kita akan lebih berhemat dalam mengatur keuangan. Contoh kecil saat kuta bekerja kita bisa membawa bekal dari rumah. Dari hal-hal kecil kita bisa melakukan penghematan.

  1. Start Now.

Pergi ke Roma tak akan pernah sampai jika tidak ada satu langkahpun dilakukan. Tidak akan pernah tercapai kalau kita terus menunda untuk melakukannya. Jangan berandai-andai dengan rencana tanpa eksekusi. Alangkah baiknya jika kita memulai dari srkarang, saat dimana kita belum merasakan bagaimana rasanya keuangan kita sedang terhimpit, kebutuhan pokok yang bertumpuk. Maka dari itu manfaatkan waktu yang ada sekarang, mulai dengan menyambut pensiunan dengan menabung dan berinvestasi persiapkan kehidupan anak, cucu kita mendatang.

  1. Melunasi Hutang dan tidak lupa menyiapkan dana darurat dari sekarang.

Hutang, hutang sudah tidak jarang lagi kita temukan dikehidupan yang modern seperti saat ini. Entah itu dari kredit atau hutang dengan sejumlah uang tunai. Jika memang terpaksa berhutang, alangkah baiknya jika hutang tersebut kita jadikan sebuah modal usaha yang keuntungannya melebihi jumlah bunga yang harus kita bayar. Sebaiknya kita juga tidak lupa untuk menyiapkan dana darurat. Guna menyelamatkan kondisi keuangan kita ketika sedang diterpa musibah, karena pada dasarnya musibah yang akan terjadi nanti tidak dapat prediksikan. Maka dari itu dana darurat bisa menjadi penyelamat.

Setelah kita tahu tips diatas apa lagi coba yang membuat kita ragu untuk memulainya? Yang pasti kita akan lebih disiplin dalam mengelola keuangan dan lebih dewasa dalam bertindak. Jika mengalami kesulitan dalam penerapan, silakan hubungi kami untuk  konsultasi lebih lanjut, atau pendaftaran untuk mengikuti pelatihan manajemen keuangan yang diselenggarakan oleh Tatadana Consulting, maka anda bisa menghubungi kami di 021 – 7235949 atau email ke tanya@tatadana.com kami siap membantu anda.

 

No Comments Yet.

Leave a comment

WhatsApp chat