KARTU KREDIT BIKIN BANGKRUT – Ada banyak orang yang tidak suka membawa uang cash dalam jumlah yang besar untuk belanja atau untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dan beberapa orang cenderung menyukai bahwa penggunaan kartu debit atau kartu kredit dalam proses jual beli. Kebanyakan dari mereka mengatakan bahwa kepraktisan yang membuat mereka menyukai penggunakan dua kartu tersebut.

Ada beberapa sebagian dari masyarakat bahwa penggunaan kartu kartu tersebut dapat membuat khilaf dalam sehingga tanpa sadar akhirnya hutang semakin menumpuk. Yang paling di takutin adalah penggunaan kartu kredit. Kartu kredit yang mempunyai beberapa history buruk dari orang orang yang salah menggunakan. Untuk itu ada 5 cara agar anda tidak salah dalam penggunaan kartu kredit yang pada akhirnya dapat membuat hutang yang bertumpuk.

 Berikut adalah 5 cara penggunaan kartu kredit yang baik dan benar :

1. Anggap Anda Berhutang Jika Menggunakan Kartu Kredit.

Ada banyak orang yang salah persepsi dalam memandang kartu kredit. Kartu kredit adalah peminjaman sejumlah uang dari Bank. Yang artinya itu adalah HUTANG yang harus di bayar. Sehingga yang namanya hutang harus segera di bayar jangan menunda nunda sampai jatuh tempo sehingga bunga yang di kenakan menumpuk. Jika akhirnya bunga tersebut menumpuk maka bisa jadi penghasilan kita hanya cukup untuk membayar bunganya saja sedangkan pokok hutang tidak terbayarkan. Sehingga kita akan terbelit hutang yang tidak tertangani sepanjang waktu

2, Gunakan kartu kredit jika Kepepet.

Selalu siap sedia dengan uang cash ataupun kartu debit. Jangan menggunakan kartu kredit jika tidak kepepet. Tidak perlu merisaukan apabila banyak tawaran dari merchant merchant akan potongan harga tertentu. Manusia adalah tempatnya lupa dan khilaf sehingga apabila anda belanja tanpa terencana karena adanya tawaran diskon atau hadiah dari merchant merchant dengan kartu kredit bisa jadi anda lupa cek tagihan kartu kredit anda yang akhirnya anda lupa harus bayar kartu kredit itu sehingga akan jatuh kepada bunga kartu kredit yang cukup besar pada akhirnya.

3. Jangan membayar pada pembayaran tagihan minimal

Memang sering sekali kita tergiur jika pada akhir bulan, tagihan kartu kredit keluar dan kita melihat pembayaran minimum yang terlihat tidak terlalu besar. Hindari hal tersebut usahakan selalu membayar penuh tagihan tagihan tersebut karena jika di bayarkan pada angka minimum akan membuat hutang tersebut akan semakin bunga berbunga dan pada akhirnya akan membelit penghasilan kita yang membuat kita terpenjaran secara finansial.

4. Gunakan Kartu Kredit untuk Utang Produktif

Usahakan jika harus menggunakan kartu kredit sebaik gunakan untuk hutang produktif yang artinya, dengan hutang tersebut ada terdapat income yang akan di hasilkan. Contoh untuk modal usaha.

5. Punya kartu kredit tidak lebih dari 2 buah

Jika anda bisa mengatasi semua hal yang diatas, anda batasi mempunyai kartu kredit hanya maksimal 2 buah karena anda tetap berwaspada hutang tersebut masih dalam pantauan anda. Kartu kredit tersebut masih dalam control anda.

Jika anda memerlukan bantuan lebih mendalam ataupun untuk pelatihan managemen keuangan anda, rekan,sahabat. mulai dari kebijaksanaan anda dalam penggunakan kartu kredit ataupun masalah keuangan anda, seperti untuk perihal investasi dapat di konsultasikan kepada kami Tatadana Consulting. Anda bisa konsultasi, ataupun anda tertarik untuk mengikuti pelatihan manajemen keuangan yang diselenggarakan oleh Tatadana Consulting, maka anda bisa menghubungi kami di 021 – 7235949 atau email ke tanya@tatadana.com kami siap membantu anda.

 

No Comments Yet.

Leave a comment

WhatsApp chat