Kartu kredit pada saat sekarang ini telah mengalami perkembangan yang sangat drastis semenjak dikenal oleh masyarakat. Jika ketika awal hadirnya kartu kredit pihak bank hanya menargetkan untuk kalangan masyarakat ekonomi atas, namun saat ini sudah merambah ke masyarakat ekonomi kelas menengah bahkan bawah. Dengan adanya perkembangan yang masif seperti saat ini, banyak masyarakat yang terjerat dengan hutang kartu kredit karena salah konsep dan penggunaannya.

 

Berikut beberapa tips dan trik mengenai kartu kredit:

  1. Perlu diingat bahwa kartu kredit bukanlah uang tambahan ataupun tambahan penghasilan melainkan salah satu fasilitas hutang yang diberikan oleh pihak bank.
  2. Kartu kredit adalah salah satu alat pembayaran untuk kemudahan bertransaksi. Ini salah satu kelebihan kartu kredit, kita tidak perlu membawa uang dalam bentuk tunai untuk bertransaksi.
  3. Pastikan total tagihan yang datang tiap bulan dibayar lunas sebelum jatuh tempo. Kelebihan jika selalu membayar lunas tagihan sebelum jatuh tempo:
    • Potensi terbelit hutang kartu kredit menurun.
    • Track record pembayaran hutang tercatat baik di Bank Indonesia, ini menjadi nilai tambah jika akan mengajukan kredit dalam bentuk lain.
  4. Pastikan anda tahu berapa bunga yang dibebankan kepada anda. Pada saat tulisan ini ditulis bunga kartu kredit berkisar antara 3,5%-4% per bulan atau 42%-48% per tahun. Ini adalah fasilitas hutang dengan bunga yang paling besar.
  5. Manfaatkan fitur-fitur yang diberikan oleh kartu kredit yang tidak didapatkan jika kita bertransaksi secara tunai, seperti discount di merchant, pembayaran tagihan rutin otomatis, dan lainnya.
  6. Pilih kartu kredit yang membebaskan dari iuran tahunan.
  7. Pilih kartu kredit yang dikeluarkan oleh bank yang mempunyai kredibilitas baik.

[foto dari:en.wikipedia.org//WeTakeCreditDebitCardsCrop.jpg]

Comments are closed.

WhatsApp chat