Liburan Asyik Tanpa Tercekik

Walaupun IHSG turun naik dan harga emas melorot ke level terendah selama tiga tahun terakhir ditambah lagi pengumuman kenaikan BBM yang akan diikuti oleh kenaikan harga – harga barang dan jasa, bukan berarti akan menyurutkan langkah Anda dan keluarga untuk sejenak berlibur menikmati hari – hari dengan lebih santai ditengah hiruk pikuk kondisi makro ekonomi yang tidak akan pernah habis untuk dikupas.

Jika ternyata hasil lembur cukup menghibur dan jatah cuti belum ternikmati, bolehlah kita bersantai sejenak berlibur asyik bersama keluarga. Bagaimana cara mempersiapkan dananya? Yuk, simak tips berikut :

1. Tetapkan batasan dana yang ingin digunakan sebagai anggaran liburan, buatlah alokasi untuk transportasi, akomodasi, rekreasi dan konsumsi dan siapkan juga alokasi untuk dana cadangan.

2. Sumber dana bisa diambil dari penyisihan penghasilan bulanan ataupun alokasi dari bonus tahunan atau kombinasi keduanya.

3. Sisihkan dalam rekening tabungan karena umumnya perencanaan liburan termasuk tujuan keuangan jangka pendek.

4. Jangan menunggu sampai tanggal liburan mendekat, buatlah persiapan jauh – jauh hari agar bisa memilih transportasi dan akomodasi dengan penawaran terbaik, manfaatkan booking online, dan situs terpercaya, hati – hati penipuan online dan phising kartu kredit.

5. Gunakan kartu kredit hanya sebagai alat untuk mempermudah transaksi, jangan sampai berlibur 6 hari tetapi masih ada tagihan         cicilan sampai 6 bulan kedepan. Pastikan ada dana untuk melunasi tagihan sebelum bertransaksi dengan kartu kredit.

6. Gunakan kesempatan membuat dana liburan sebagai trial case untuk tujuan keuangan lain seperti dana liburan jangka panjang alias      dana pensiun.

Sayang bukan kalau terlewatkan? Inilah moment yang bisa Anda manfaatkan untuk mempererat keakraban antar anggota keluarga. Mengambil cuti sejenak dan ikut serta dalam keriangan liburan bersama anak, tentu akan sangat mengasyikan sambil mencari inspirasi dan energi baru.

Diana Sandjaja CFP ®

Comments are closed.

WhatsApp chat