Membuat Anggaran Pra Pernikahan

Ya, momen spesial bagi setiap orang yang menunjukkan fase baru dalam kehidupan seseorang. Karena bagitu spesialnya tidak ada salahnya kita mengupas apa aja yang penting dilakukan berkaitan dengan perencanaan keuangan sebelum menikah.  Sebenarnya menikahkan anak merupakan salah satu kewajiban orang tua terhadap anaknya. Namun sebagai anak kita juga tentu tidak ingin memberatkan orang tua bukan?apalagi saat ini biaya pernikahan itu sangat mahal. Disatu sisi ada yang memimpikan pesta pernikahan yang wah, tapi yang perlu diingat adalah setelah selesai pesta masih banyak pengeluaran lain yang menanti pasangan baru. Jangan sampai untuk biaya pesta, harus utang sana sini atau setelah pesta meninggalkan hutang yang harus dibayar.

Siapa saja yang membutuhkan pengaturan keuangan dalam membuat anggaran pra pernikahan?

  • fresh graduate,  Tidak ada salahnya orang yang baru lulus kerja untuk memikirkan tentang ini, walaupun saat ini belum akan menikah, namun dana tentunya harus dipersiapkan dari sekarang biar ga terlalu berat. Perilaku para fresh graduate yang paling sering terjadi adalah, karena baru pertama kali bekerja, pertama kali mendapatkan uang sendiri, maka biasanya gaya hidup yang dulu tidak pernah didapatkan zaman kuliah (karena keterbatasan dana), langsung berubah, baru kerja tapi  gaya sudah selangit, makan direstoran mahal hampir tiap hari, travelling, gonta ganti gadget, gaya up to date. Boro-boro mempersiapkan biaya pernikahan, malah para fresh graduate ini  bisa jadi nombok dengan gaya hidupnya yang wah itu. Dan ujung-ujungnya menggunakan kartu kredit untuk gaya hidup konsumtifnya tersebut. Nah akan terasa beda orang yang mempersiapkan biaya pernikahan saat baru bekerja dengan orang yang mempersiapkan biaya pernikahan saat hampir menjelang pernikahan.
  • Orang Yang Memang Akan Menikah Dalam Waktu Dekat, syukur-syukur memang sudah ada dana yang nilainya mendekati nilai ideal yang dibutuhkan. Kebanyakan yang sering terjadi adalah  tidak mempersiapkan dari awal, maka dana untuk mencicilnya tiap bulan akan sangat lumayan, perlu financial trick untuk mempersiapkannya.
  • Orang Tua Yang Mempersiapkan Pernikahan Untuk Anaknya, saat ini semakin banyak orangtua yang sadar pentingnya perencanaan keuangan, anaknya masih balitapun ada yang sudah mulai mempersiapkannya dari sekarang.

Apa saja yang langkah-langkah jika ingin menyiapkan dana pernikahan dari jauh-jauh hari:

  1. Tetapkan jangka waktu untuk menikah
  2. Survei berapa rata-rata kebutuhan biaya pernikahan saat ini (vendor termasuk gedung, catering, tatarias, make up, kartu undangan, souvenir, dekorasi,pakaian pesta, dll). Sesuaikan nilainya dengan pesta yang menjadi impian anda, apakah menginginkan pesta yang mewah dan elegan atau menginginkan pesta yang sederhana, simple dan elegan.
  3. Survei berapa persen kenaikan tiap tahunnya baik jika memakai vendor terpisah maupun mengambil pilihan paket pernikahan. Lalu hitung nilai masa depannya
  4. Pilih investasi yang sesuai dengan jangka waktu dan risk profile anda sendiri. Jika waktunya masih sangat lama misal 20 tahun lagi, maka boleh memilih investasi dengan return yang tinggi namun perlu diingat ada resiko yang tinggi pula (untuk itu sangat penting untuk mengukur risk profile anda terlebih dahulu). Namun jika akan dipakai dalam jangka waktu dekat, maka investasi yang beresiko tinggi dengan imbal hasil yang tinggi sangat tidak disarankan

Penulis :
Aprida
Independent Financial Planner
Tatadana Consulting
www.tatadana.com

Comments are closed.

WhatsApp chat