Tidak terasa 3 bulan di tahun 2013 ini telah kita lalui. Mudah-mudahan Anda yang telah meniatkan untuk memiliki kondisi keuangan yang lebih baik di tahun ini, mulai melihat tanda-tanda positif menuju perbaikan tersebut.

Kondisi keuangan yang lebih baik dimulai dengan memiliki rencana keuangan yang baik pula. Pada dasarnya ada 5 bagian dari rencana keuangan yang perlu ada perhatikan:

  1. Alokasi aset dan hutang yang dimiliki saat ini
  2. Pengaturan  aliran dana bulanan alias cash flow bulanan
  3. Pengaturan aliran dana tahunan alias cash flow tahunan
  4. Perencanaan proteksi alias asuransi dan dana darurat
  5. Perencanaan tujuan-tujuan keuangan yang ingin dicapai

Kelima hal inilah yang satu persatu perlu kita telaah, rencanakan dan implementasikan dalam 1 tahun ke depan. Tanpa perencanaan tentunya keuangan Anda ibarat mobil yang berjalan tanpa arah, tanpa tujuan, dan tidak memiliki patokan kecepatan yang harus dicapai. Akibat perjalanan tanpa arah ini, tidak jarang sebagian orang merasa hidupnya kurang melulu, merasa hidupnya tidak maju-maju bahkan tak jarang merasa dari tahun ke tahun hidupnya malah semakin menuju kemunduran.

Karena itulah, sesederhana apa pun rencana yang Anda buat, itu sudah merupakan langkah besar agar kondisi keuangan Anda dalam 1 tahun ke depan ini berjalan menuju sebuah tujuan yang jelas dan terukur. Bagi yang belum memiliki rencana keuangan di tahun ini, yuk, mari mulai, karena masih belum terlambat, masih ada 9 bulan ke depan yang perlu kita tata.

Felicia Imansyah

Comments are closed.

WhatsApp chat