Mempersiapkan Anggaran Sebelum Berlibur

Mempersiapkan Anggaran Sebelum Berlibur – Pada dasarnya semua orang pastinya ingin berlibur. Pastinya untuk liburan selalu ada di dalam jadwal keluarga. Suatu hal yang perlu diperhatikan juga dana untuk berliburnya sesuai dengan keuangan keluarga. Awalnya hanya keliling kota dengan budget yang murah, keluar kota bahkan bisa sampai keluar Negeri semua bisa diatur.

Walaupun terlihat penting, tetapi alangkah baiknya buatlah anggaran berlibur bukan sebagai hal yang utama. Utamakan untuk pembayaran cicilan hutang, tujuan utama keluarga seperti, dana pendidikan dan dana pensiun baru lah dana untuk berlibur. Baca juga artikel lainnya.

Nah, biar liburan kita menyenangkan tampa ada beban, alangkah baiknya kita mempersiapkan dana liburan dari sekarang.

Coba kita liat tips bagaimana cara menyiapkan dana sebelum berlibur:

  • Buatlah dana liburan sesuai yang kita inginkan, misalnya seperti liburan setiap 1 bulan sekali, setiap liburan sekolah anak-anak, liburan akhir tahun atau mungkin liburan besar setiap 3 tahun sekali.
  • Berikan tujuan utama pada liburan kita. Kalau kita memilih liburan tahunan yang lebih utama, dengan budget yang cukup besar, maka alangkah baiknya untuk liburan yang lainnya disesuaikan.
  • Untuk liburan bulanan, bisa kita lakukan ketempat yang mungkin lokasinya tidak terlalu jauh dan sesuai dengan anggaran yang minim. Misalnya hanya berlibur didalam kota atau ketempat yang tidak mengeluarkan anggaran yang berlebihan.
  • Sedangkan untuk liburan tahunan yang mengeluarkan anggaran cukup besar, bisa kita sisihkan dari tabungan bulanan kita, atau kita bisa memanfaatkan bonus yang kita dapatkan di setiap tahunya.
  • Sebaiknya jangan pernah berhutang untuk berlibur, kalu memang kita tidah mampu untuk membayarnnya. Karna liburan ini, bisa menjadi beban keuangan kita nanti, sedangkan kita juga ingin menyiapkan anggaran untuk liburan berikutnya. Sehingga, hutang kita tidak ada habisnya akibat liburan sebelumnya.
  • Persiapkan dana berlibur dari jauh jauh hari, agar kemungkinan bisa mendapatkan harga murah ataupun discount untuk perjalannan yang jauh. Dengan demikian kita bisa meminimkan anggaran berlibur.

Untuk liburan akhir tahun masih di bulan Desember, mumpung masih ada waktu 4 bukan lagi, yuk kita persiapkan anggaranya dari sekarang. Agar nanti pada saat liburan akhir tahun kita sudah punya dana yang sudah di persiapkan dan pastinya liburan akan menyenangkan tanpa terbebani.

Apabila ingin bertanya tanya lebih jelas bisa hubungi 0813-1862-1626 atau email ke tanya@tatadana.com

No Comments Yet.

Leave a comment

WhatsApp chat