Menabung adalah Hobby – Bagi sebagian orang menabung sangat mudah dan bagi sebagian lainnya terasa sangat sulit. Maka ada beberapa tips berikut ini yang membuat menabung lebih mudah, untuk kelangsungan hidup masa depan yang lebih baik. Hobby sesuatu hal yang menyenangkan maka jadikan menabung itu hobby agar rajin menabung pangkal kaya.

Berikut ini beberapa cara mudah untuk membiasakan diri agar rajin menabung:

1.Gajian Langsung Tabung

Langsung menabung segera setelah menerima penghasilan. Hal ini membuat kita terhindar dari menunda menabung, jika kita sudah menerima gaji atau mendapatkan penghasilan usahakan langsung memasukan sebagian pendapatan atau gaji kita ke tabungan.  Hal ini juga sekaligus membuat kegiatan menabung menjadi kegiatan yang prioritas.

2.Bikin rekening Pengeluaran dan Tabungan Berbeda

Pisahkan rekening belanja dengan rekening tabungan. Jangan mencampur adukkan tabungan yang digunakan untuk kebutuhan belanja dan kebutuhan menabung, karena alih-alih menyimpan uang di rekening tabungan malah akan iku tergrogoti dengan kebutuhan belanja. Bahkan, jangan juga kita untuk membuat kartu ATM untuk rekening tabungan, karena sedikit atau banyak kia juga pasti akan mengambilnya.

3.Komitmen Terhadap Besaran Tabungan

Tentukan besaran uang yang akan ditabung. Tentukan nilai tabungan yang wajar dari penghasilan anda, kata wajar ini dimaksudkan untuk kita tidak terlalu memaksakan nominal, sesuaikan denga penghasilan dan pengeluaran kita. Sehingga menabung akan terasa ringan dan menyenangkan, bukan menjadi beban. Sebagai gambaran, alokasi 20% dari pendapatan anda setiap bulan adalah nilai minimum untuk ditabung. Atur budget anda, lalu tabung kelebihan atau sisa pendapatan anda. Atur budget kebutuhan anda setiap bulan, dengan menyiapkan beberapa list barang atau kebutuhan yang harus dipenuhi setiap bulan. Setelah semua terlist dengan baik maka akan ada sisa dari pendapatan anda yang bisa anda masukan ke dalam tabungan.

4.Ubah paradigma Menabung itu sulit

Anggaplah tabungan anda adalah pengeluaran rutin dan lupakan. Ya saat menabung anggaplah bahwa menabung merupakan pegeluaran pokok dan wajib yang harus di lakukan di setiap bulan. Karena ketika kita menganggap kalau menabung merupakan pengeluaran wajib maka kita tidak akan berharap untuk uang tersebut dapat kembali, dengan demikian tidak akan ada perasaan untuk mengambil tabungan. Sama halnya dengan lupakan, setelah menabung biasakan untuk melupakan maka kita pun tidak akan mengambil uang atau pendapatan yang telah kita tabung.

5.Dari yang kecil menjadi yang besar

Menabung secara bertahap, dengan menaikan presentase uang yang akan anda tabung. Saat awal anda menabung biasanya anda menabung dengan 10% dari pendapatan anda, anda bisa menaikan presentase uang yang akan anda tabung secara perlahan-lahan, 3bulan pertama 10% 3bulan berikutnya bisa dinaikkan 5% menjadi 15% dan begitu seterusnya namun perlu diperhatikan untuk menyesuaikan dengan pendapatan kita.

Dalam menabung mindset bahwa jangan pernah memiliki niat kalau menabung hanya ketika masih ada sisa. Jika sudah ada niat seperti itu maka menabung tidak akan menjadi prioritas kita, bisa-bisa kita hanya setahun sekali kalau hanya menunggu sisa dari kebutuhan kita.

Sama seperti bersedekah menabung juga harus dengan sengaja menyisihkan penghasilan kita untuk di tabung. Berapapun jumlahnya, sisihkan uang sejak awal. Terakhir, menjadikan tabungan Anda ke dalam bentuk emas batangan juga salah satu cara untuk membuatnya makin sulit dicairkan sehingga tabungan Anda tetap ‘aman’. Secara teratur jika anda biasa menabungnya dalam bentuk uang, Anda dapat subsitusi ke dalam bentuk emas, sesuai besaran yang sesuai.

Mari kita sama-sama bertekad, bahwa penghasilan yang sudah diperoleh dengan kerja keras, tak boleh tak berbekas atau hilang begitu saja seperti tidak berguna. Hingga akhirnya kita menjadi sebagian orang yang merugi dan menyesal, lantaran tak memiliki apa-apa untuk bekal di masa depan kelak. Marilah menabung untuk kehidupan yang lebih baik, semangat!!

Incoming search terms:

  • hobby nabung ke nomor rekening
  • irt harus rajin menabung

No Comments Yet.

Leave a comment

WhatsApp chat