Tanya :

Mbak Teja, saya ingin membuat sebuah kuliner.  Sudah saya perkirakan biayanya mencapai Rp.50 juta, sementara tabungan saya hanya ada Rp.20 juta. Apakah ada saran, dengan cara apa saya bisa mendapatkan modal usaha? Apakah cukup dengan menggadaikan sertifikat rumah atau surat kendaraan merupakan langkah aman dan tepat? Bagaimana dengan mencari investor atau peluang pinjaman bank? Apa plus minusnya dari semua pilihan tersebut?

——————–

Jawab :

Salah satu masalah yang menjadi hambatan bagi banyak orang yang mau memulai usaha adalah modal untuk usaha. Dengan alasan tidak memiliki modal , rencana untuk memulai bisnis jadi mundur dan tidak diteruskan. Padahal, bisnis bisa dimulai dengan modal berapapun. Percaya atau tidak, banyak pengusaha memulai bisnis dengan modal sangat minim. Bahkan dengan tidak ada modal sama sekali, atau istilahnya modal dengkul.

Apa bedanya modal kecil dan modal besar dalam bisnis? Keduanya biasanya berkaitan dengan upaya yang kita lakukan. Kalau modal kecil, umumnya ekstra tenaga dan waktu lebih besar yang harus kita korbankan, dibandingkan dengan kalau kita sudah menyiapkan dana yang besar. Langkah – langkah yang diambil dalam bisnis bermodal kecil, perlu memeras otak dalam rangka mencari alternatif termurah karena dana terbatas.

Ketika akhirnya kita memutuskan untuk mencari tambahan bagi modal bisnis, maka ada beberapa alternatif yang mungkin kita pilih.

Kredit dengan Agunan Rumah atau Kendaraan

Mencari tambahan modal dengan utang adalah yang banyak dilakukan oleh pebisnis. Dengan menggunakan agunan rumah atau kendaraan, utang ini banyak disediakan oleh bank atau lembaga keuangan lainnya. Jenis utang ini umumnya mengenakan bunga yang relatif tidak tinggi dengan persyaratan tertentu, seperti bisnis setidaknya sudah berjalan selama 2 tahun, serta kelengkapan dokumen dari bsinis kita. Risiko dari kredit ini adalah kalau kita tidak mampu melunasi, rumah atau kendaraan yang menjadi agunan akan diambil dan dijual untuk melunasi utang kita.

Kredit Tanpa Agunan dengan Kartu Kredit atau KTA

Jenis kredit ini mengenakan bunga yang paling tinggi di antara pinjaman lainnya. Bunganya bisa mencapai 35% per tahunnya. Akan tetapi, kredit ini banyak diminati, karena syaratnya yang lebih ringan  serta prosesnya yang lebih cepat. Kelebihan dari jenis utang ini juga adalah tidak adanya agunan sama sekali. Hati – hati kalau kita menggunakan pinjaman ini, pastika keuntungan dari bisnis kita lebih tinggi dari bunga yang dikenakan. Kalau tidak, artinya kita akan mengalami kerugian, karena keuntungan dari bisnis kita hanya habis digunakan untuk membayar bunganya yang tinggi.

Meminjam kepada Teman atau Kerabat

Walaupun kelihatannya pinjaman ini lebih mudah, akan tetapi sebenarnya banyak orang menghindari jenis pinjaman ini. bunga yang diberikan terkadang sangat rendah, bahkan bisa jadi tanpa bunga. Jangka waktunya juga lebih fleksibel. Akan tetapi, efek sosialnya cukup besar apabila kita tidak mampu melunasinya. Akan jadi omongan negatif di lingkungan keluarga atau lingkungan pertemanan.

Mencari Pemodal

Investor atau pemodal adalah orang atau pihak yang akan menempatkan uangnya daalam bisnis kita. bisa jadi dari sebuah lembaga seperti Modal Ventura, atau bisa jadi teman, saudara atau pihak lain. Dengan dana yang ditempatkan, maka seorang pemodal akan mendapatkan porsi kepemilikan dari bisnis kita.

Apabila bisnis mendapatkan keuntungan, maka keuntungan akan dibagi di antara  pemilik usaha. Apabila bisnis merugi, tentu tidak ada uanga yang dibagikan, karena pemilik harus sama – sama menanggung kerugian. Dengan mendapatkan pemodal, kita bisa menjadi lebih nyaman saat menjalankan bisnis, karena tidak ada kewajiban membayar utang dan bunga. Hanya saja, kita harus rela berbagi kepemilikan dengan pemodal, dan juga terkadang langkah – langkah usaha yang kita jalankan, harus mendapatkan persetujuan dari pemodal lainnya.

Dari beberapa alternatif di atas, tentunya semua memiliki kelebihan dan kekurangan. Carilah yang paling sesuai dengan diri kita dan juga jenis usaha yang kita jalankan.

Tejasari CFP®

NOVA 1433/XXVIII 10 – 16 Agustus 2015

Mau berkonsultasi lebih lanjut mengenai bisnis kecil anda? Yuk, kirimkan email ke : tanya@tatadana.com atau datang langsung ke : Grha Toedjoeh Empat No.3 , Jln. Wolter Monginsidi No. 15, kebayoran baru, Jak – Sel 12110 / Tlp : 021.7235949 / 081318621626.

Incoming search terms:

  • mencari pemodal untuk usaha kecil

No Comments Yet.

Leave a comment

WhatsApp chat