Mengatur Keuangan untuk Pengeluaran Harian Keluarga

Bagaimana ya  mengatur keuangan untuk pengeluaran harian keluarga ? Ada banyak solusi dalam mengatur keuangan untuk pengeluaran harian keluarga kita. rajin mencatat pengeluaran setiap harinya mungkin adalah solusi yang berguna bagi banyak orang. Dengan mencatat pengeluaran, bisa dilihat kemana saja kita menggunakan penghasilan kita, dan berapa sisanya. Mempelajari pencatatan itu dari hari kehari bisa membatasi kita untuk mengeluarkan uang lebih banyak, karena dengan cepat kita bisa menyadari kemana saja uang kita telah dihabiskan.

Akan tetapi, bagi sebagian orang lainnya, melakukan pencatatan ini ternyata kurang efektif. Niat untuk melakukan pencatatan setiap harinya tidak pernah kesampaian. Hari ini mencatat, besok lupa. Kadang dicatat, kadang terlewat. Akhirnya, buku catatannya malah jadi kacau balau. Memang, tidak semua orang punya kebiasaan yang rapih dan tertib. Niat untuk merapihkan keuangan kita dengan pencatatan setiap hari, malah membuat kita jadi tambah putus asa (baca juga : tips berbelanja). Tapi, jangan khawatir, mari kita coba dengan cara yang lain.

mengatur keuangan untuk pengeluaran harian keluarga

Mengatur keuangan keluarga

Cobalah beberapa langkah ini dalam mengatur keuangan untuk pengeluaran harian keluarga

1. Buatlah anggaran setiap bulannya

Membuat anggaran, akan membantu kita mengetahui kemana saja rencana pengeluaran kita setiap bulannya. Bagilah menjadi 4 kelompok pengeluaran yang umum, tabungan/investasi, membayar cicilan, pengeluaran rutin keluarga dan pengeluaran pribadi. total pengeluaran bulanan kita haruslah lebih kecil atau sama dengan penghasilan. Kalau terjadi pengeluaran masih lebih besar dari penghasilan, aturlah kembali anggaran kita sehingga penghasilan bulanan yang kita dapatkan bisa mencukupi seluruh rencana pengeluaran bulanan kita

2. Dahulukan untuk membayar kewajiban rutin bulanan

Setelah membuat anggaran, maka setiap bulannya bayarlah semua kewajiban kita terlebih dahulu, dalam mengatur keuangan untuk pengeluaran harian keluarga. Alokasi untuk menabung dan investasi, zakat, cicilan KPR, cicilan kredit motor atau mobil, ciclan KTA, pembayaran asuransi, membayar SPP bulanan anak, membayar listrik, telpon, kartu kredit bahkan hingga gaji pembantu. Setelah seluruh kewajiban kita dibayarkan, maka sisa dari penghasilan kita bisa digunakan untuk pengeluaran sehari hari keluarga.

3. Membagi pengeluaran harian sesuai jumlah minggu

Untuk menjaga agar kebutuhan sehari hari kita bisa cukup hingga akhir bulan dan sampai kita menerima gaji lagi, maka kita perlu untuk membaginya secara merata. Kalau bulan ini ada 4 minggu, maka bagilah pengeluaran rutin kita dalam 4 amplop, masing masing untuk kebutuhan mingguan. Apa saja kebutuhan pengeluaran rutin keluarga ? pengeluaran untuk makanan, transportasi, uang jajan anak, atau pengeluaran lainnya adalah pengeluaran rutin keluarga yang tidak langsung kita bayarkan sekaligus, tapi akan selalu ada setiap harinya. Kalau bulan ini ada 5 minggu, artiya kita harus membuat 5 amplop. setiap minggu kita tinggal membuka 1 amplop untuk jatah mingguan kita.

Cara membagi pengeluaran seperti ini, bagi banyak orang ternyata lebih mudah daripada membuat catatan pengeluaran setiap hari. Bagaimana dengan anda ? cobalah mana yang menurut anda paling mudah terlebih dahulu, dan lihat alternatif mana yang paling sesuai dengan gaya anda.

Kalau ternyata kedua cara dalam mengatur keuangan untuk pengeluaran harian keluarga, masih berat dan tidak bisa diterapkan dalam keuangan keluarga anda, maka cobalah anda bicara dengan seorang konsultan keuangan atau Financial Planner. Berdiskusi dengan seorang konsultan keuangan (Financial Planner) akan membantu anda untuk melihat dari sisi sudut pandang orang lain, sehingga bisa mencari masalah apa sebenarnya yang terjadi dan semoga bisa membantu anda untuk mendapatkan solusi keuangan yang terbaik bagi anda. Jika anda tertarik untuk berkonsultasi, silahkan hubungi Tatadana Consulting di 021-7235949 / 0821 1299 9968 atau email ke tanya@tatadana.com. Kami siap membantu anda mengkonsultasikan pengelolaan keuangan yang terbaik bagi anda dan keluarga.

Tatadana Consulting    www.tatadana.com

 

Incoming search terms:

  • cara mencatat anggaran pengeluaran harian

No Comments Yet.

Leave a comment