Mengelola Asuransi Kesehatan Keluarga Dengan Baik

Bagaimana kita bisa mengelola Asuransi Kesehatan Keluarga Dengan Baik. Asurasi adalah sebuah produk keuangan yang bisa membantu kita untuk melindungi keuangan kita saat terjadi musibah yang tidak diinginkan pada kita dan keluarga. Seperti namanya, asuransi kesehatan akan melindungi saat kita terkena musibah pada kesehatan kita yaitu sakit. Saat ini, kalau kita sakit, maka biaya yang mungkin akan keluar cukup besar dan mungkin saja keuangan kita bisa kacau balau untuk membayar biaya berobat dan biaya rumah sakit.

Berapa rata-rata biaya yang harus kita keluarkan untuk ke dokter dan ke rumah sakit ?

Untuk ke dokter, umumnya kita harus membayar minimal Rp. 300 ribu per kunjungan, itu juga belum termasuk obat yang harus kita beli. Sedangkan untuk dirawat di rumah sakit, biayanya minimal sekitar Rp. 5 juta lebih. Kalau kita tidak menyiapkan secara khusus dana ini, maka kita terpaksa harus mengambil tabungan kita dan bahkan bisa sampai harus meminjam untuk bisa membayarnya.

mengelola asuransi kesehatan keluarga dengan baik

Mengelola Asuransi Kesehatan Keluarga

Nah, dalam mengelola Asuransi Kesehatan Keluarga Dengan Baik, dan agar keuangan kita tidak menjadi berantakan saat kita dan keluarga sakit, maka asuransi kesehatan bisa membantu kita.

Apa yang harus kita lakukan sebelum membeli asuransi kesehatan  untuk Mengelola Asuransi Kesehatan Keluarga Dengan Baik

  1. Apakah kita sudah memiliki asuransi kesehatan ?

Saat ini hampir semua perusahaan sudah memberikan manfaat kesehatan bagi pegawainya. Cek manfaat kesehatan apa saja yang diberikan oleh perusahan ? apakah untuk seluruh keluarga ataukah hanya untuk diri kita sendiri ?

Mungkin manfaat kesehatan yang diberikan oleh perusahaan hanyalah BPJS, nah tanyakan sekali lagi, apakah manfaat BPJS dari perusahaan sudah cukup buat kita ? kalau semua manfaat kesehatan dari perusahaan sudah cukup, artinya kita tidak perlu membeli asuransi kesehatan tambahan bagi kita dan keluarga.

  1. Siapa saja dalam keluarga yang perlu kita belikan asuransi kesehatan ?

Apabila manfaat kesehatan dari perusahaan tidak cukup, dan ada beberapa anggota keluarga yang tidak mendapatkan manfaatnya, misalnya orang tua kita, maka kita perlu menambah proteksi kesehatan dengan membeli asuransi kesehatan tambahan. (baca juga : biaya kesehatan orang tua)Hal ini dilakukan dalam langkah untuk mengelola Asuransi Kesehatan Keluarga Dengan Baik

  1. Cari perusahaan asuransi yang dapat dipercaya, dengan pelayanan memuaskan dan memiliki jaringan yang luas.

Bagaimana kita bisa tahu sebuah perusahaan asuransi dapat dipercaya atau tidak ? coba cek ke beberapa sumber secara online asuransi apa yang bisa dipercaya. Juga tanyakan ke beberapa teman yang sudah memiliki asuransi kesehatan, pernahkan mereka mengalami kondisi tidak menyenangkan saat membeli asuransi kesehatan.

  1. Tentukan manfaat fasilitas kesehatan yang kita butuhkan.

Ada asuransi kesehatan yang memberikan pilihan berdasarkan kelas kamar, misalnya kelas yang kita inginkan apakah kelas 2, kelas 1 atau VIP dan kelas lainnya. Sementara, asuransi lainnya memberikan pilihan berdasarkan maksimal patokan harga yang diberikan misalnya maksimal untuk biaya menginap Rp. 500 ribu per kamar. Perhatikan pula jaringan rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan pihak asuransi, dan juga perhatikan metode pembayaran saat kita harus dirawat, apakah dengan sistem cashless yaitu umumnya menggunakan kartu, atau dengan sistem reimbursement dimana kita harus membayar terlebih dahulu.

  1. Pilih manfaat tambahan yang kita perlukan

Asuransi kesehatan yang paling utama adalah akan membayarkan biaya rawat inap di rumah sakit. Diluar itu, manfaat tambahan lainnya seperti biaya rawat jalan seperti kedokter saja tanpa rawat inap, ada juga manfaat rawat gigi, persalinan dan santunan harian. Semakin banyak manfaat yang kita pilih, tentunya premi yang harus kita bayarkan akan semakin tinggi.

  1. Cek besarnya premi yang harus kita bayarkan

Setelah agen asuransi memberikan perkiraan premi yang harus kita bayarkan, maka lihatlah apakah kita mampu untuk membayarnya atau terlalu mahal buat kita ? premi yang terlalu mahal akan memberatkan keuangan kita, sehingga kita harus lebih bijak dalam memilih jenis asuransi kesehatan yang kita beli, agar tidak memberatkan keuangan keluarga.

Asuransi kesehatan adalah biaya yang harus kita keluarkan dan biaya tersebut akan hilang kalau tidak digunakan. Setiap tahun, kita perlu memperpanjang dan membayar biaya untuk asuransi kesehatan ini. Ada beberapa asuransi kesehatan yang digabungkan dengan proteksi jiwa seperti dalam unit link, umumnya maka premi yang perlu dibayarkan akan jadi lebih tinggi, akan tetapi memang kita akan mendapatkan manfaat tambahan proteksi jiwa.

Dalam mengelola Asuransi Kesehatan Keluarga Dengan Baik, banyaklah berdiskusi sebelum kita membeli asuransi yang tepat bagi kita dan keluarga. Dengan memilih asuransi kesehatan yang tepat, maka perlindungan keluarga menjadi optimal dan keuangan keluarga kita bisa menjadi lebih nyaman.

Tejasari CFP®

Konsultan Keuangan Pribadi dan Keluarga

Jika masih ada yang ingin ditanyakan, silakan hubungi kami untuk  konsultasi lebih lanjut, atau daftarkan diri anda untuk mengikuti pelatihan manajemen pengelolaan keuangan keluarga yang diselenggarakan oleh Tatadana Consulting. Hubungi kami di 021 – 7235949 /  0821 1299 9968 atau email ke tanya@tatadana.com kami siap membantu anda.

Tatadana consulting   www.tatadana.com

 

 

No Comments Yet.

Leave a comment