Mengelola Keuangan Dana Pendidikan

Bagaimana Mengelola Keuangan Dana Pendidikan Anak bagi seorang single parent akan didiskusikan dalam tanya jawab kali ini. Mengelola Keuangan Dana Pendidikan Anak perlu dipersiapkan sejak anak masih kecil, dan perlu kedisiplinan orang tua untuk bisa mengelola keuangan dana pendidikan anak kita.

Mbak Teja yang baik,

Saya seorang single parent dengan satu anak perempuan berusia 5 tahun. Sayangnya, mantan suami pergi begitu saja, tidak ada kabarnya hingga sekarang. Untuk kebutuhan sehari-hari saya penuhi dari gaji saya sebagai karyawan swasta yang setiap bulannya dibayar Rp. 8 juta.

Rumah masih mengontrak dekat kantor dengan bulanan Rp. 1,5 juta, membayar pengasuh Rp 1 juta per bulan, kebutuhan anak sekolah sekitar Rp. 500 ribu per bulan, dan motor juga masih cicilan Rp. 1,5 juta per bulan. Untungnya sih, saya cenderung bukan tipe orang yang boros. Dari sisa-sisa kebutuhan makan harian, saya masih bisa menyisihkan Rp. 750 ribu.

Yang saya inginkan adalah memiliki tabungan untuk urusan sekolah anak saya. Seberapa pun susahnya saya mencari uang, saya ingin anak saya sekolah setinggi-tingginya. Nah, mbak, bagaimana mempersiapkan biaya pendidikan anak sebaik mungkin ditengah kondisi keuangan seperti saya ini ? apakah saya harus punya tabungan khusus ? bagaimana perencanaan ke depannya ? tolong beri saya saran ya mbak. Terima kasih.

Jawab :

Hai Mbak,

Mempersiapkan dana pendidikan anak tentunya sangat penting dalam sebuah keluarga. apalagi sebagai single parent, kita sendiri harus bisa mempersiapkan sebaik baiknya kebutuhan biaya sekolah anak.

Dana pendidikan anak harus dibuat terpisah dari tabungan atau investasi kita yang lainnya, agar alokasi dananya jelas dan tidak digunakan untuk kebutuhan keluarga. apa saja yang perlu kita lakukan untuk mempersiapkan dana pendidikan anak kita ?

Dana pendidikan yang mana yang mau kita siapkan ?

Banyak orang memilih biaya kuliah S1 sebagai biaya utama yang harus disiapkan. Sementara biaya untuk tingkat SD, SMP, SMA, dianggap tidak cukup besar dan masih mampu untuk dipenuhi dari penghasilan bulanan. Bagaimana dengan kita ?

Mau sekolah di mana ?

Saat kita menghitung dana pendidikan, tentunya sangat penting juga untuk mengetahui anak kita mau bersekolah dimana. Tentunya hal ini akan sangat terpengaruh akan besarnya uang yang perlu kita siapkan.

Apakah mau sekolah di negeri yang biayanya rendah atau sekolah swasta yang biayanya umumnya jauh lebih tinggi. Walaupun kita bisa berandai andai, akan tetapi pilihlah jenis sekolah yang wajar yang sesuai dengan kemampuan kita.

Berapa biaya uang masuknya ?

Tanyalah berapa biaya uang masuk sekolah yang kita inginkan. Jangan lupa untuk mengalikan dengan inflasi, sehingga kita tahu perkiraan besar dari biaya masuk sekolah nantinya. Walaupun inflasi cukup rendah di Indonesia, akan tetapi kenaikan biaya sekolah swasta umumnya berkisar antara 10 – 15% per tahun. Artinya rata-rata setiap tahunnya biaya sekolah meningkat minimal sebesar 10%. Jadi bisa dihitung berapa biaya sekolah anak kita nantinya.

Bagaimana kita mengumpulkannya ?

Banyak sekali produk pendidikan anak yang ditawarkan saat ini dengan berbagai manfaat yang menarik. Biaya pendidikan anak bisa ditempatkan di tabungan ataupun produk iinvestasi. Tabungan umumnya digunakan untuk jangka pendek saja, seperti 2 atau 3 tahun, karena bunganya jauh lebih rendah dibandingkan kenaikan biaya sekolah anak. Sementara untuk mengejar inflasi jangka panjang, kita sebaiknya memilih produk investasi seperti emas, reksa dana, obligasi, saham ataupun unit link sebagai tempat mempersiapkan dana pendidikan anak kita.

Saat anak kita masih kecil, mulailah untuk sedikit demi sedikit mengumpulkan dananya dan jangan digunakan untuk kebutuhan keluarga lainnya. hati-hati juga kalau kita ingin memilih produk investasi.

Pilihlah produk investasi yang aman dan tidak terlalu berisiko. Kalau kita berencana untuk mempersiapkan dana pendidikan dari tabungan atau investasi bulanan, lakukanlah secara rutin tidak terputus, agar dana yang diharapkan bisa terkumpul.

Tejasari CFP®

Konsultan Finansial

*) sumber : Tabloid Nova edisi 1523 – 1 Mei 2017

Mengelola Keuangan Dana Pendidikan Anak memang tidak mudah. Jika masih ada yang ingin ditanyakan, silakan hubungi kami untuk  konsultasi lebih lanjut, atau daftarkan diri anda untuk mengikuti pelatihan manajemen pengelolaan keuangan keluarga yang diselenggarakan oleh Tatadana Consulting. Hubungi kami di 021 – 7235949 /  0813 1862 1626 atau email ke tanya@tatadana.com kami siap membantu anda.

Tatadana consulting

www.tatadana.com

Incoming search terms:

  • https://www tatadana com/mengelola-keuangan-dana-pendidikan/
  • Benarkah frisian flag membagi uang 1 juta untuk dana pendidikan
  • financial planning dalam pendanaan pendidikan indonesia

No Comments Yet.

Leave a comment

WhatsApp chat