Mengenal Reksadana Pasar Uang

 

Dari beberapa jenis reksadana yang ada, Reksadana Pasar Uang adalah reksadana yang memiliki resiko paling rendah, dengan return paling rendah pula. Karena itu Reksadana Pasar Uang adalah pilihan instrumen investasi yang cocok untuk tujuan keuangan jangka pendek yakni dibawah 3 tahun.

Reksadana Pasar Uang atau Money Market Fund adalah reksadana yang portfolio investasinya seluruhnya ditanamkan pada sejumlah instrumen pasar uang seperti: deposito berjangka, sertifikat Bank Indonesia (SBI), dan obligasi dengan masa jatuh tempo kurang dari 1 tahun.

Reksadana Pasar Uang pergerakannya cukup stabil, tidak berfluktuasi seperti jenis reksadana yang lain yakni Reksadana Saham dan Reksadana Campuran, karena itu dalam perencanaan keuangan, reksadana pasar uang ini dianggap cocok untuk tujuan investasi jangka pendek.

Bila kita mempunyai tujuan keuangan jangka pendek, misalnya saja saat ini anak kita duduk di sekolah dasar kelas 4 dimana 2 tahun lagi kita membutuhkan dana untuk membayar uang pangkal masuk SMP, maka dana yang kita miliki haruslah ditempatkan di produk investasi dengan fluktuasi yang rendah, agar saat dana dibutuhkan dana tersedia dalam jumlah sesuai dengan yang kita butuhkan.

Dengan karakteristiknya yang hanya cocok untuk tujuan jangka pendek di bawah 3 tahun, Reksadana Pasar Uang sering dianggap sebagai alternatif untuk instrumen Deposito. Deposito merupakan instrumen yang hanya cocok untuk tujuan keuangan jangka pendek karena memberikan return terbatas namun resikonya relatif rendah. Return yang ditawarkan Reksadana Pasar Uang sebanding dengan Deposito yakni berkisar antara 4%-6% per tahun.

Kelebihan Reksadana Pasar uang dibandingkan Deposito terletak pada fleksibilitas pembelian dan pencairannya. Pada saat membeli kita bisa membeli dengan nilai serendah-rendahnya Rp 100rb rupiah dan bisa melakukan investasi rutin bulanan dengan nilai ini. Berbeda dengan deposito yang memerlukan nominal yang lebih besar.

Demikian pula saat pencairan, Reksadana Pasar Uang bisa dicairkan tanpa harus menunggu tanggal jatuh tempo seperti halnya deposito. Kita pun bisa mencairkan sebagian dari portfolio Reksadana Pasar Uang yang kita miliki, sementara Deposito kita harus mencairkan seluruhnya sesuai dengan nominal yang tertera di sertifikat kepemilikan.

Ayo susun tujuan keuangan Anda dengan cermat, untuk tujuan jangka pendek, Reksadana Pasar Uang adalah pilihan yang sangat disarankan.

 

Felicia Imansyah
Independent Financial Planner
Tatadana Consulting

 

Masih kurang jelas dengan artikel diatas, Ingin berkonsultasi langsung? Hubungi Tatadana Consulting, Grha Toejoeh Empat lantai 3 Jalan Wolter Monginsidi No.15 Jakarta Selatan 12110, (021-7235949), www.tatadana.com

Comments are closed.

WhatsApp chat