Mengenal REKSADANA Yang MENGUNTUNGKAN

Mengenal REKSADANA Yang MENGUNTUNGKAN – Investasi reksa dana yang mudah dan menguntungkan membutuhkan kejeli dari investor atau pemodal. Okey, sebelum membahas tentang investasi reksa dana, ada baiknya kita memahami apa saja yang harus diperhatikan apabila ingin melakukan investasi. Di tengah perekonomian Indonesia yang kurang baik dan krisis ekonomi dunia, dimanakah sebaiknya kita menempatkan dana kita? Karena jika diam saja di bank, bunga bank terkadang tidak mengimbangi tingginya tingkat inflasi yang ada. Kebanyakan orang di Indonesia memang takut mengambil risiko, terutama dalam hal berinvestasi bagi para pemula.

Keuntungan Berinvestasi di Reksadana

Hal – hal yang perlu diperhatikan antara lain adalah tujuan investasi. Tujuan berinvestasi harus jelas dan tidak boleh sembarangan karena ini masalah uang. Tujuan investasi ini juga dikelompokkan dalam tujuan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Investasi jangan pendek biasanya untuk kebutuhan yang sifatnya konsumtif, misal membeli kendaraan, liburan, atau membayar hutang. Jangka waktunya kurang dari setahun. Investasi jangka menengah biasanya digunakan untuk kebutuhan yang sifatnya jangka menengah, contohnya membeli rumah.

Jangka waktu investasi jangka menengah antara 1 – 3 tahun. Sedangkan investasi jangka panjang digunakan untuk pengeluaran jangka panjang, misalnya keperluan sekolah anak, uang pendiun dan sebagainya. Jangka waktu investasi jangka panjang bisanya lebih dari 3 tahun. Setelah kita tentukan tujuan berinvestasi, kemudian apa imbal hasil yang diharapkan dari investasi tersebut. Mengetahui karakteristik investasi, misalnya apakah risikonya tinggi atau rendah, risiko yang rendah tentu hasilnya sedikit, misalnya deposito yang dilindungi LPS atau pemerintah, namun keuntungannya kecil.

Okey, sekarang kita fokus pada Investasi reksa dana. Sesuai dengan Undang – Undang Pasar Modal No 8 Tahun 1995, reksa dana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal yang selanjutnya diinvestasikan kembali ke dalam portofolio efek oleh Manajer Investasi. Reksa dana adalah salah satu investasi jangka panjang, misalnya reksa dana saham. Umumnya ada 4 macam investasi reksa dana yaitu reksa dana saham, reksa dana pasar uang atau obligasi, reksa dana pendapatan tetap, dan reksa dana campuran. Semua itu mempunyai karakteristik masing – masing baik dari risiko ataupun potensi hasil. Untuk dapat memilih jenis investasi reksa dana apa yang tepat untuk teman – teman, silakan konsultasikan pada TATADANA Consulting.

TATADANA Consulting akan membantu teman – teman mengerti risiko dan potensi hasil yang akan didapatkan dari berinvestasi reksa dana. Tentu saja, teman – teman harus mengerti bahwa semakin tinggi potensi hasil yang ingin didapatkan, maka semakin tinggi pula risikonya. TATADANA memberikan penjelasan atau analisisnya tentang jenis reksa dana apa yang harus dan track record hasil investasi reksa dana tersebut dalam kurun waktu 3 tahun terakhir.

Dari hasil konsultasi dengan TATADANA, teman – teman bisa menarik kesimpulan investasi reksa dana manakah yang memberikan hasil investasi terbaik. TATADANA juga memberikan saran untuk memilih manager investasi terbaik. Kemajuan dari sebuah investasi reksa dana bergantung pada keahlian manajer investasinya. Manajer Investasi dengan reputasi baik dapat dilihat dari pengalaman, kinerja historis, gaya investasi, besarnya asset yang dikelola, jumlah nasabah, kualitas sumber daya dan pelayanan.

Di era perekonomian yang dikejar oleh inflasi yang cukup tinggi, sangat tidak make sense jika teman – teman membiarkan dana atau uangnya mengendap percuma di dalam tabungan. Sudah saatnya kita berani berinvestasi. Investasi reksa dana yang mudah dan menguntungkan dapat menjadi investasi jangka panjang.

Anda bisa konsultasi, ataupun anda tertarik untuk mengikuti pelatihan manajemen keuangan yang diselenggarakan oleh Tatadana Consulting, maka anda bisa menghubungi kami di 021 – 7235949 atau email ke tanya@tatadana.com kami siap membantu anda.

No Comments Yet.

Leave a comment

WhatsApp chat