Menjelang akhir tahun 2012

31 Desember 2012, hanyalah satu hari di kalender yang mungkin tidak memberikan arti apa-apa bagi banyak orang. Arti yang pasti adalah, kita harus mengganti dengan kalender yang baru, karena kalender yang lama sudah habis tanggalnya. tapi, ternyata tidak sesederhana itu, tentu saja hari ini menjadi patokan bagi banyak hal. Akhir semester bagi pendidikan di sekolah, akhir pembukuan bagi perusahaan, periode akhir untuk penilaian bagi karyawan, dan tentu saja banyak digunakan orang sebagai waktunya untuk menutup cerita lama dan membuka hari yang baru.

waktunya untuk meninjau apa yang telah kita lakukan lakukan di tahun 2012 dalam mengejar mimpi-mimpi kita.

Sibuk dengan pekerjaan rutin yang dilakukan sehari-hari membawa kita semakin jauh dengan mimpi yang ingin kita capai. Coba buka kembali catatan awal tahun kita di Januari 2012 yang telah lewat, dan lihat apa yang telah kita lakukan ?

ingin memulai bisnis ?

ingin menata keuangan yang benar ?

ingin memulai investasi ?

ingin melunasi hutang hutang konsumtif ?

Bagaimanakah raport kita di tahun 2012 ? bangga karena banyak sekali pencapaian yang telah kita lakukan atau sebaliknya, bingung karena waktu lewat begitu saja dengan hasil yang tidak kelihatan. Tanpa kita sadari 1 tahun berlalu, apapun hasilnya, baik atau jelek, tidak akan pernah menjadi kendala bagi kita untuk melangkah ke hari esok, tanggalan baru, awal dari tahun berikutnya.

Melihat kebelakang merupakan suatu alat bagi kita untuk membuat rencana baru yang lebih realistis. Apakah mimpi kita terlalu tinggi tahun lalu, sehingga sedikitpun kita tidak mampu untuk merealisasikannya, atau sebaliknya target kita terlalu rendah sehingga dengan mudahnya bisa kita lewatkan begitu saja.

waktunya untuk membuat rencana baru

Inilah waktunya untuk kembali membuat rencana baru bagi hidup kita. Mimpi tidak perlu berubah bukan, tapi rencana bisa berubah. Apa yang tidak terlaksana ditahun lalu, dapat kita lakukan di tahun ini dengan langkah yang lebih sesuai dengan kondisi kita. Apa yang telah kita capai tahun lalu harus kita tingkatkan menjadi lebih baik lagi, dengan rencana yang lebih sempurna di tahun berikutnya.

Langkah baru apalagi yang ingin kita capai di tahun depan ?  Kesempatan selalu ada dan banyak jalan untuk mencapainya. Jangan ragu untuk membuat sebuah rencana baru, yang tidak pernah ada dalam pikiran kita sebelumnya. kenapa tidak ? 

Tetapkan hati untuk memulai !!

Jangan biarkan rencana hanya menjadi sebuah rencana saja. tetapkan hati untuk memulai.

What is not started today is never finished tomorrow. -Johann Wolfgang von Goethe 

 

Selamat tahun baru

Tejasari CFP®

Comments are closed.

WhatsApp chat