Setiap orang pasti ingin berlibur. Sehingga yang namanya jadwal liburan selalu masuk dalam jadwal keluarga. Satu hal yang pasti, dana buat liburan bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan kita. Mulai dari hanya berkeliling kota dengan dana murah, keluar kota bahkan sampai keluar negeri semua bisa diatur.

Walaupun kelihatannya sangat penting, sebaiknya masukkan anggaran liburan ini bukan sebagai hal yang utama. Dahulukan pembayaran cicilan hutang, tujuan utama keluarga seperti dana pendidikan dan dana pensiun, baru dana untuk berlibur.

Nah, agar liburan kita bisa menyenangkan, mari kita coba mempersiapkan dana liburan dari sekarang. Coba kita lihat tips menyiapkan dana liburan ini

  • Buatlah tujuan dana liburan yang kita inginkan. Misalnya liburan setiap bulan, saat libur sekolah anak-anak, liburan akhir tahun atau bahkan liburan besar setiap 3 tahun sekali.
  • Beri prioritas atas tujuan liburan kita. Kalau kita memilih liburan tahunan yang menjadi prioritas, dengan dana yang cukup besar, maka artinya anggaran untuk liburan lainnya disesuaikan.
  • Liburan bulanan, bisa dilakukan ketempat tempat yang lokasinya dekat dengan anggaran yang minim. misalnya, hanya liburan didalam kota atau tempat tempat dekat yang tidak membutuhkan dana besar.
  • Sementara untuk liburan tahunan yang membutuhkan dana yang cukup besar, bisa mulai disisihkan dari tabungan bulanan, atau kita ambil dari bonus yang kita dapatkan setiap tahunnya.
  • Sebaiknya jangan berhutang untuk liburan, kalau kita tahu tidak mampu untuk membayarnya. Karena liburan ini, bisa jadi memberatkan keuangan kita nanti, sementara kita ingin sekali untuk menyiapkan dana liburan berikutnya. Sehingga, hutang kita akibat berlibur jadi tidak ada habisnya.
  • Siapkan dana dari jauh jauh hari, agar bisa mendapatkan kemungkinan harga murah atau harga discount untuk perjalanan yang jauh. Dengan cara ini, kita bisa meminimalkan anggaran liburan.

Liburan sekolah anak mungkin masih di bulan Juni Juli. Mumpung masih 3 bulan lagi, yuk kita siapkan dari sekarang, agar liburan nanti dananya telah siap dan menjadi liburan yangmenyenangkan bagi keluarga.

Selamat berlibur

Tejasari CFP®

Comments are closed.

WhatsApp chat