Paket Asuransi Kesehatan Keluarga

Bu Teja yang baik,

Saya dan suami sama – sama berusia 30 tahun, dan kami memiliki satu anak yang masih balita. Saya ingin mengasuransikan keluarga saya dengan asuransi kesehatan yang low budget saja. Dana bulanan saya dan suami suami juga tidak terlalu besar. Tapi saya berpikir kesehatan sangat penting, sehingga saya dan suami ngotot ingin pakai asuransi.

Nah, saya pernah mendengar ada paket asuransi kesehatan untuk satu keluarga. Apakah paket tersebut lebih ekonomis dibanding dengan asuransi sendiri – sendiri? bagaimana pembayaran preminya? Lalu jika suatu hari saya memiliki anak lagi, apakah bisa langsung diikutsertakan ke dalam paket tersebut? Mohon masukannya, Bu Teja. Terima Kasih

——-

Jawab :

Asuransi Kesehatan memang sangat dibutuhkan bagi setiap orang mulai dari balita, orang dewasa, hingga orang tua. tentu saja kebutuhan asuransi kesehatan ini dipicu oleh tingginya biaya kesehatan saat ini, baik biaya untuk ke dokter, membeli obat, hingga biaya yang timbulapabila kita harus dirawat di rumah sakit.

Melihat pentingnya kebutuhan biaya kesehatan, hampir semua perusahaan saat ini memiliki perusahaan saat ini memberikan fasilitas kesehatan bagi seluruh karyawannya. Bahkan sekarang, pemerintah sudah mewajibkan perusahaan untuk memberikan fasilitas BPJS bagi semua karyawannya tanpa terkecuali.

Akan tetapi, tentu saja, dalam menilai asuransi kesehatan yang tepat bagi keluarga, banyak yang harus dipertimbangkan, antara lain berapa biaya yang harus dibayarkan dan juga manfaat asuransi apa yang perlu dimiliki dalam keluarga.

Fasilitas BPJS dan Kesehatan dari Kantor

Kewajiban untuk memberikan BPJS bagi semua karyawan tentu saja memberikan manfaat yang sangat baik. Apalagi manfaatnya bukan saja bagi karyawan itu sendiri, tapi bagi seluruh keluarga inti, bapak, ibu hingga anak – anak. Di samping itu, ada beberapa perusahaan yang memberikan fasilitas kesehatan tambahan untuk melengkapi manfaat BPJS. Dengan semua fasilitas tersebut, lengkaplah jaminan kesehatan bagi seluruh keluarga.

Nah, kalau di perusahaan tempat bekerja sudah memberikan BPJS dan tambahan askuransi kesehatan, cobalah lakukan diskusi dengan suami, apakah manfaat tersebut sudah cukup bagi keluarga saat ini? kalau dirasa sudah cukup, maka tidak perlu membeli tambahan asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan Lain

Kalau ternyata saat ini kita merasa jaminan kesehatan yang diberikan perusahaan masih belum mencukupi kebutuhan untuk kebutuhan keluarga, maka tentu saja bisa mempertimbangkan untuk membeli asuransi kesehatan tambahan bagi keluarga. Beberapa asuransi kesehatan menawarkan paket asuransi kesehatan keluarga yang cukup baik, dengan biaya yang relatif masih bisa diterima.

Dilihat dari sisi ekonomisnya, paket yang diberikan untuk seluruh keluarga, umumnya lebih murah dibandingkan dengan asuransi kesehatan yang diberikan secara perorangan. Namun, coba perhatikan secara detail manfaat asuransi yang ditawarkan, umumnya ada keterbatasan dalam fasilitas kesehatan yang diberikan. Misalnya, hanya bisa digunakan di rumah sakit tertentu, juga ada maksimal pertanggungan yang diberikan. Misalnya, hanya bisa dgunakan di rumah sakit tertentu, juga ada maksimal pertanggungan yanmg diberikan, ada juga keterbatasan dalam jenis penyakit yang dapat ditanggung. Pelajarilah detail fasilitas tersebut, agar kita bisa menggunakan asuransi kesehatan tersebut dengan optimal bagi seluruh keluarga.

Kita juga perlu melihat kondisi keuangan keluarga. Apakah memang ada dana yang bisa dialokasikan lagi untuk kebutuhan jaminan kesehatan ini? atau dananya sangat terbatas. Jadikan itu sebagai pertimbangan.

Tejasari CFP®

NOVA 1409/XXVIII 23 Februari – 1 Maret 2015

Yuk, cek kesehatan keuangan dan hitung dana pendidikan anak, dana pensiun dan tujuan keuangan lainnya dengan kalkulator Finansial : www.keuanganitumudah.com.

No Comments Yet.

Leave a comment

WhatsApp chat