” .. PERIKSA KESEHATAN YUK…..
MENCEGAH ITU MURAH DAN LEBIH MUDAH
SAKIT BIKIN PAILIT DAN HIDUP JADI SULIT .. ”

Teman saya mengirim foto ini, saat dia datang ke salah satu klinik untuk berobat. Saya sendiri tertawa membacanya, terutama kata kata “sakit bikin pailit dan hidup jadi sulit”. Boleh dibilang, kata-kata itu 100% benar. Tapi sebagai financial planner, saya Cuma mau komentar “udah ga jaman sakit bikin pailit dan hidup jadi sulit” apalagi kalo tanya ke para agen asuransi, wah, pasti lebih panjang komentarnya. Ha ha hasakitbikinpailit510

 

Bisa dibilang yang namanya biaya rumah sakit terus melambung setiap tahun. Berbeda dengan harga saham yang relatif naik turun, biaya rumah sakit terus meningkat dan ga ada turunnya. Kalo sudah begini, yang namanya sakit emang pasti bikin pailit. Tapi, yang namanya sakit kan juga kadang-kadang ga bisa ditolak. Terus, kalo udah sakit, kita jadi pailit dong, he he he. Jangan takut, kan udah ada yang namanya asuransi kesehatan. Saat ini kebutuhan akan asuransi kesehatan sudah menjadi kebutuhan utama, terutama dalam Perencanaan Keuangan. Tentu saja, yang pasti supaya kita ga jadi pailit kalo sakit.

Hal-hal sederhana mengenai asuransi kesehatan adalah sbb. :

1.    Cek fasilitas kantor,
inilah list pertanyaan saat kita melakukan cek atas fasilitas kantor :
–    apakah ada tunjangan kesehatan atau fasilitas asuransi kesehatan yang diberikan oleh kantor?
–    Seperti apa sistem pembayarannya? Reimburse atau menggunakan kartu. Kalau dengan sistem reimburse berarti kita harus siap dengan kartu kredit atau uang cash untuk membayarkannya sebelum diganti kantor.
–    Fasilitas yang diberikannya seperti apa? Kamar kelas 2, kelas 1, atau VIP? Nah, kalau kita masuk rumah sakit maunya masuk ke kamar kelas 1 sementara fasilitas kantor hanya kelas 2, berarti kita siap siap untuk nombok.

2.    Kalau tidak ada fasilitas kantor,
Artinya kita sebaiknya membeli asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan umumnya terbagi 2 sistem pembayaran yaitu sistem reimburse dan sistem kartu. Biasanya sistem reimburse preminya lebih murah, tapi cek juga apakah pembayarannya mudah. Juga ada 2 jenis penggantian biaya ada yang mengganti biaya rumah sakit, ada juga yang hanya memberikan sejumlah uang tertentu perhari. Sangat disarankan untuk memilih penggantian seluruh biaya rumah sakit. Karena kalau hanya memberikan uang perhari, bisa jadi seluruh biaya rumah sakitnya jauh lebih mahal dari penggantiannya.

3.    Kalau sudah diberikan dari kantor, perlukah membeli asuransi kesehatan lagi?
Tentu saja tidak perlu. Kecuali fasilitas kantor sangat minimal dan rasanya tidak cukup memenuhi kebutuhan biaya penggantian saat kita harus masuk rumah sakit.

Nah, jangan takut lagi bisa jadi pailit kalo sakit, karena kita sudah terproteksi. Tapi, ga berarti kita terus enak enakan ga olahraga karena sudah punya asuransi kesehatan. Hi hi hi, tetep aja mencegah itu lebih murah dan mudah.

Penulis: Tejasari

Comments are closed.

WhatsApp chat