Hai, kurang lebih seminggu lagi kita akan merayakan Idul Adha yang akan jatuh pada hari Jumat tanggal 26 oktober 2012. Dananya sudah siap dong?atau ada yang masih bingung, ragu-ragu, ditengah gempuran dan godaan diskon yang dahsyat. Hehe.  Pusing ya, apalagi yang tinggal di kota-kota besar ada aja istilah yang dipakai pedagang untuk merayu kita mulai dari promo diskon, cash back, special price, buy one get one free, point,dll.  Barang/jasa yang ditawarkan pun beragam mulai dari gadget,  tas, sepatu, tiket pesawat, kafe, resto, dll  semuanya begitu menggoda, kalau ga pakai kacamata kuda dan ga ada perencanaan keuangan sebelumnya bisa habis terkuras isi dompet hehe.

kurban

Buat yang masih pikir-pikir untuk berkurban,  malu dong klo gadget kita bisa keren, sepatu, tas, penampilan keren, giliran kurban bilang ga punya duit.  Ada yang bilang godaan jaman sekarang kan berat banget, pusat perbelanjaan dimana-mana.keluar pintu rumah ada dah ada yang nawarin barang dagangan. Beratan mana sama Nabi Ibrahim yang disuruh nyembelih anak kesayangannya sendiri, anak yang sudah lama dia nantikan, begitu lahir di tinggal dipadang pasir yang tandus. Baru aja ketemu, trus dapet perintah dari Allah untuk disembelih, walaupun akhirnya Allah menggantinya dengan domba.  Jadi klo bilang jaman sekarang berat mah ga ada apa-apanya kali hehe. Problemnya bagi kita adalah benarkah kita tidak mampu?atau kitanya yang tidak memampukan diri?

Jika ingin menyisihkan uang dari satu tahun sebelumnya pun cukup menyisihkan Rp 125.000/bulan. bukan jumlah yang sangat besar dijaman sekarang.  Bagi kita yang mempunyai gaji atau penghasilan berjuta, belasan juta atau puluhan juta jika merasa masih berasa berat juga sungguh KETERLALUAN dan harus merasa malu pada orang yang gajinya sekedar UMR atau dibawah UMR tapi mampu untuk berkurban.

Diskon , special price, cash back dan bermacam promo lainnya akan selalu ada sepanjang  bulan dan sepanjang tahun. Itu pun belum tentu kita membutuhkannya, kebanyakan hanya  keinginan yang kalau sudah terpenuhi, hati akan kembali merasa hambar. Kurban merupakan bentuk pengorbanan, tanda cinta ke Allah SWT. Rewardnya juga sebanding, cinta Allah kepada hambanya yang mau berkurban, kalau Allah sudah cinta apa sih yang ngga buat kita.  Bukti cinta untuk berkurban hanya terjadi setahun sekali, dibulan tertentu dan tanggal tertentu ga bisa sembarangan.  Yuk mampukan diri berkurban dengan perencanaan keuangan yang baik  ^_^

Penulis : Aprida / financial planner

Comments are closed.

WhatsApp chat