Ragam Fitur Tabungan Pendidikan

Banyak sekali produk keuangan yang memberikan tawaran menarik untuk program persiapan dana pendidikan. Tabungan Pendidikan adalah salah satu bentuk lain dari tabungan yang dikemas oleh Bank, dalam program pengambilan dana yang disesuaikan dengan tingkatan sekolah anak. Orang tua yang ingin mempersiapkan dana pendidikan dengan menggunakan Tabungan Pendidikan, bisa datang ke Bank yang memiliki produk ini. Saat ini, hampir semua Bank telah memiliki produk Tabungan Pendidikan, sehingga tidak ada kesulitan lagi bagi kita yang tertarik untuk mengikuti program ini.

tabungan-pendidikan-celengan

Fitur-fitur yang umunya berada pada tabungan pendidikan adalah sebagai berikut :

TABUNGAN RUTIN DAN FELKSIBEL

Setoran Rutin

Tabungan Pendidikan umumnya berupa tabungan yang penambahan dananya dilakukan secara rutin setiap bulan dalam jumlah tertentu. Setoran rutin bulanan ini bisa dilakukan dengan otomatis debet dari rekening tabungan lainnya pada bank yang sama. Penambahan dana diluar setoran rutin disesuaikan dengan kebiasaan rutin kita dalam melakukan pembayaran.

Jangka waktu

Tabungan Pendidikan dibentuk atas nama anak, yang telah diset pengambilan dananya pada saat anak masuk tingkatan sekolah tertentu, saat masuk SD, SMP, SMA ataupun S1. Diluar waktu yang telah ditentukan tersebut, secara umum pengambilan dana tidak diperbolehkan. Kalaupun terpaksa, akan ada penalti yang dikenakan. Ketetapan ini sebenarnya sangat baik, karena dana pasti akan digunakan untuk kebutuhan pendidikan anak. Dengan cara ini, kita diajak untuk disiplin dan tidak menggunakan dana kebutuhan pendidikan anak untuk tujuan lainnya. Jadi, sangat disarankan untuk tidak mencairkan dana pada tabungan pendidikan anak ini sebelum waktunya.

Mata Uang

Apabila kita ingin membuat tabungan pendidikan selain rupiah, maka kita bisa membuat tabungan dalam mata uang lainnya, misalnya US$. Jenis mata uang ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita dalam pembayaran pendidikan, apabila memang membutuhkan pembayaran sekolah dalam mata uang lainnya, untuk meminimalkan resiko fluktuasi mata uang.

Hasil yang Lebih Tinggi Dibandingkan Tabungan Biasa

Dengan program khusus tabungan pendidikan, maka bunga atau bagi hasil yang diberikan biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan biasa. Begitu pula jenis bunga bank yang diberikan bisa dalam bentuk bunga floating (berubah-ubah sesuai kondisi bank) atau bunga fixed (bunga yang telah ditetapkan di awal). Dengan kondisi ini, maka program ini menjadi lebih menarik dibandingkan dengan menabung biasa.

Proteksi

Proteksi dalam bentuk asuransi merupakan fitur tambahan yang menjadi daya tarik utama program tabungan pendidikan ini. Umumnya, perlindungan asuransi jiwa diberikan secara gratis tanpa tambahan biaya dan juga tanpa pemeriksaan kesehatan, bagi orangtua yang menabung untuk  anaknya. Proteksi yang diberikan biasanya dalam bentuk asuransi jiwa, apabila meninggal karena kecelakaan atau sakit, dan juga proteksi atas ketidakmampuan (cacat) karena kecelakaan atau sakit. Pihak asuransi, akan meneruskan setoran rutin bulanan sesuai dengan program yang telah ditentukan di awal.

Syarat

Syarat utama dari tabungan pendidikan ini, tentu saja harus ada anak yang dibentuk program pendidikannya. Apabila kita yang telah menikah, belum memiliki anak, dan ingin membentuk tabungan pendidikan ini, maka program ini belum memungkinkan.

[sumber foto: keramikindonesia.com]

Comments are closed.

WhatsApp chat