STRATEGI UNTUK MERAIH RUMAH IMPIAN

STRATEGI UNTUK MERAIH RUMAH IMPIAN – Strategi untuk meraih rumah impian akan dijelaskan dalam tulisan ini. Mempunyai rumah menjadi hal penting bagi setiap keluarga. Bahkan menjadi salah satu kebutuhan pokok juga. Terutama rumah milik sendiri alias bukan sewaan. Akan sangat berat jika kita membayangkan harga rumah impian kita yang sangat mahal, namun bukan tidak mungkin kita dapat memilikinya. Kami akan berikan sebuah solusi bagaimana cara kelola keuangan untuk mendapatkan rumah impian.

Untuk pasangan muda yang baru menikah dan belum memiliki momongan. Memiliki penghasilan bulanan Rp. 22 juta, biaya sewa rumah Rp. 3 juta, pengeluaran rutin bulanan Rp. 6 juta. Sehingga total pengeluaran adalah Rp. 9 juta dengan dana yang masih tersisa setiap bulannya sebesar Rp. 13 juta. Okey, kondisi keuangan cukup sehat dan kemampuan untuk mencicil KPR cukup baik. Dengan sisa dana yang cukup banyak, perlu dipikirkan juga untuk segera mengalokasikan dana membeli rumah dan menabung, karena setelah memiliki anak, pengeluaran akan terus bertambah. Jumlah tabungan yang dimiliki Rp. 100 juta, maka alternative yang bisa dilakukan untuk membeli rumah sebagai berikut :

  • Membeli rumah dengan uang muka Rp. 100 juta

Dengan uang muka sebesar 30%, maka Rp. 100 juta dapat digunakan untuk membeli rumah dengan harga sekitar Rp. 300 juta. Selanjutnya, dengan bunga KPR asumsi sebesar 11%, maka apabila kita mencicil KPR selama 10 tahun cicilan bulanannya adalah sebesar Rp. 2,9 juta.

  • Membeli rumah dengan uang muka yang dicicil

Saat ini, beberapa developer banyak yang menawarkan membeli rumah dengan uang muka yang bisa dicicil misalnya selama 1 tahun. Cobalah datang ke pameran properti atau perumahan sehingga kita bisa melihat alternatif yang memungkinkan disana. Dengan uang muka yang dicicil, maka kita bisa membeli rumah yang lebih besar.

Alternatif 1   Alternatif 2
Harga rumah 300.000.000 Harga Rumah 700.000.000
DP 30% DP 30%
Uang muka 90.000.000 Uang muka 210.000.000
KPR 210.000.000 KPR 490.000.000
Periode 10 tahun Periode 10 tahun
Bunga per tahun 11% Bunga per tahun 11%
Cicilan per bulan 2.892.750 Cicilan per bulan 6.749.751

Perincian jika ingin membeli rumah dengan uang muka yang dicicil

Misalnya harga rumah sebesar Rp. 700 juta, maka uang muka yang harus kita siapkan adalah sebesar Rp. 210 juta. Uang yang tersedia saat ini sebesar Rp. 100 juta, maka dengan mencicil sebesar Rp. 10 juta per bulan, maka diperkirakan dalam setahun cicilan uang muka bisa kita lunasi. Selanjutnya, adalah mencicil selama 10 tahun, dengan asumsi bunga 11% per tahun, cicilan bulanannya sebesar Rp. 6.750.000,-

Harga rumah akan sangat tergantung dari tempat serta ukurannya. Kalau kita ingin segera membeli rumah, maka kita bisa memilih alternatif 1. Rumahnya lebih kecil tentunya atau mungkin lebih jauh, tapi sesuai dengan keuangan kita saat ini. Kalau ingin membeli rumah dengan harga yang lebih tinggi, tentunya kita harus menyisihkan uang lebih banyak dan masih memerlukan waktu sampai cicilan uang mukanya cukup.

Di atas merupakan strategi untuk meraih rumah impian. Segeralah mulai mencari alternatif rumah yang sesuai, dan alokasikan untuk cicilan KPRnya. Jangan lupa untuk juga menabung dan berinvestasi untuk masa depan keluarga kita. Kebiasaan yang baik, akan sangat membantu kita dalam pengelolaan keuangan keluarga. Dan membawa keluarga kita lebih sejahtera dan bahagia.

Apabila ada pertanyaan lebih lanjut ataupun pembaca tertarik untuk mengikuti pelatihan manajemen keuangan yang diselenggarakan oleh Tatadana Consulting, maka anda bisa menghubungi kami di 021 – 7235949 atau email ke tanya@tatadana.com kami siap membantu anda.

 

No Comments Yet.

Leave a comment

WhatsApp chat