Tips Berbelanja Agar Gaji Tetap Tersisa di Akhir Bulan

Tips Berbelanja Agar Gaji Tetap Tersisa di Akhir Bulan – Pagi ini, dimana tanggal tanggal tua seperti saat ini seringkali membuat frustasi, karena uang yang berada di dompet ataupun rekening kita seakan akan hilang tak berbekas. Perasaan kita gaji kita sudah terasa banyak tetapi entah kenapa selalu hanya “numpang lewat”. Sering bingung apakah perlu kita minta tambahan gaji ke kantor disaat ekonomi yang begitu tidak bagus. Tetapi kebutuhan hidup juga tidak mampu mencukupi.

Mungkin di antara kalian mengalami nasib yang serupa, sehingga perlu ada sedikit perbaikan dalam perencanaan keuangan pribadi anda.

Berikut adalah tips belanja bagaimana supaya gajimu tetap utuh di akhir bulan.

1.Dahulukan Kebutuhan Urgent dari Pada Penting.

Adalah efek psikologis saat awal bulan merasa jadi orang terkaya di dunia, sehingga semua barang terasa sangat “penting” untuk di beli. Sehingga kondisinya adalah membuat perencanaan biaya belanja bulanan kita seakan akan menjadi tak terkendali. Saat inilah waktunya kita untuk memilah milah serta memilih barang barang yang urgent untuk kita beli, mulailah dengan memeriksa barang yang habis terpakai, belilah hal tersebut dahulu.

Hitung semua pengeluaran dengan detil dan rinci, sehingga uang yang tersisa di rekeningmu memang benar-benar bisa digunakan untuk memenuhi hasrat belanja. Jangan belanja jika barang barang yang ada masih bisa terpakai, hentikan hasrat tersebut saat ini.

2. Carilah Tempat Belanja Yang paling Murah

Pilihlah tempat tempat belanja yang paling murah sehingga anda bisa berhemat dan menabung sisa uang belanja tersebut. Sekarang teknologi sangat canggih gunakan teknologi internet untuk melihat tempat belanja mana saja yang sedang berlaku promo. Jika perlu anda tetapkan tanggal tertentu untuk melakukan belanja. Ingat semuanya perlu di lakukan dengan penuh berdisplin jika anda benar benar berhasrat untuk menghemat uang agar dapat memenuhi impian anda di masa depan.

3.Makanlah di rumah

Bukan hal yang tidak mungkin, saat kita berbelanja maka perut akan terasa lapar akibat melihat restoran atau tempat tempat makan di daerah tempat belanja tersebut. Hal ini wajar karena efek “lapar mata” sehingga untuk menguranginya perlu adanya pencegahan yaitu sebelum belanja makanlah terlebih dahulu di rumah. Jika perlu belanjalah secara online karena akan membuat kita berhemat dari ongkos tranportasi serta biaya yang tidak perlu seperti parkir.

4. Gunakan Kartu kredit secara Bijak

Ada keuntungan dari menggunakan kartu kredit yaitu banyak diskon yang di dapat dari berbagai pembelian barang atau jasa. Tapi ingat jangan sampai hal ini menjadi aji mumpung, yaitu mumpung diskon, mumpung harga murah atau alasan lainnya. Yang terpenting adalah urgensi barang atau jasa tersebut. Selalu setia dengan daftar belanja yang telah kita buat saat ini.

Gunakan pikiran bawah sadarmu jika kamu berhemat untuk mencapai impian masa depan. Jika saat ini kamu tidak berdisplin maka kamu secara bertahap akan menghancurkan impian impian yang kamu bangun untuk masa depan.

Belanja awal bulan merupakan sebuah kebutuhan, akan tetapi kita bisa melakukan rekontruksi ulang terhadap anggaran biaya belanja tersebut sehingga dapat menghemat beberapa rupiah untuk menjadi beberapa juta selama waktu tertentu.

Demikian tips keuangan dari kami. Apabila anda kurang jelas, Anda bisa berkonsultasi dengan kami. Apabila anda tertarik untuk mengikuti pelatihan manajemen keuangan yang diselenggarakan oleh Tatadana Consulting, maka anda bisa menghubungi kami di 021 – 7235949 atau email ke tanya@tatadana.com kami siap membantu anda.

 

No Comments Yet.

Leave a comment

WhatsApp chat